Eksistensi Perajin Kain Tenun Kota Kediri di Masa Pandemi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Eksistensi Perajin Kain Tenun Kota Kediri di Masa Pandemi

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 11 September 2021 12:15 WIB

Pengrajin Kain Tenun di Kota Kediri sedang mengerjakan pembuatan kain tenun. Foto: Muji Harjita/BANGSAONLINE.com

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dampak krisis ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19 memang menyerang semua lapisan masyarakat. Tak terkecuali para perajin kain di . Untuk itu, para perajin dipaksa harus memutar otak agar bisnis yang sudah di jalankan selama bertahun-tahun dapat tetap bertahan.

Salah satunya dilakukan oleh Eko Hariyanto, perajin kain dengan nama Aam Putra Tenun di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, , yang sudah dijalankannya sejak 2015. Salah satu hal yang dilakukan agar usahanya dapat bertahan di masa pandemi dengan mengikuti perkembangan pasar modern.

"Sebelumnya para pembeli datang langsung untuk memesan kain yang diinginkan. Dikarenakan sekarang masih dalam masa pandemi, kita akhirnya membuka toko online di marketplace agar penjualan dapat berjalan. Sekarang semua serba online jadi kita juga harus mau mengikuti perkembangan zaman," kata Eko Hariyanto, Sabtu (11/9).

Menurut Eko, saat ini hasil penjualan mengalami peningkatan setelah daripada awal pandemi kemarin. Meskipun belum bisa menyamai pendapatan pada saat sebelum pandemi.

"Hasil dari penjualan online lumayan. Walaupun pendapatannya belum bisa menyamai pada saat belum ada pandemi. Mungkin dikarenakan kita juga masih baru menjalankan penjualan online ini. Jadi belum bisa maksimal," imbuh Eko.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video