Kembangkan Potensi SDM, ​Pemkab Pamekasan Siap Latih 5.000 Digital Talent

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ferdiana Lestari
Jumat, 10 September 2021 20:37 WIB

Kepala UPT Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya saat bertemu dengan Bupati Pamekasan. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pamekasan berencana untuk melakukan kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika perihal program Digital Talent Scholarship (DTS) sebagai upaya mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Bumi Gerbang Salam.

Kepala UPT Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya Eka Handayani menjelaskan, program Digital Talent Scholarship (DTS) memiliki delapan akademi.

Meliputi Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Government Transformation Academy, Digital Entrepreneurship Academy,Thematic Academy, Talent Scouting Academy, Digital Leadership Academy, dan Professional Academy.

"Alhamdulillah berkat komitmen Pak Bupati, khusus Kabupaten Pamekasan bertekad menyiapkan 5.000 digital talent yang akan kami latih di sini," ujar Eka usai pertemuan dengan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama OPD terkait di Peringgitan Dalam Mandhapah Agung Ronggo Sukowati, Jumat (10/9/2021).

Menurutnya, pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan awal tahun 2022 tersebut bisa digelar secara online maupun offline. Apabila pelatihan itu dilaksanakan offline, maka Pemkab Pamekasan berkewajiban menyediakan tempat atau ruangan. Sementara pemateri, instruktur, dan kurikulum langsung dari Kementerian Kominfo.

"Karena sekarang ini serba digital, sehingga platform pelatihannya tidak hanya UMKM yang akan go online. Tetapi, masyarakat umum, anak-anak muda yang akan memulai usaha bisa bergabung di program digital enterprenuership academy," jelas Eka.

DTS ini juga bertujuan menunjang program wirausaha baru (WUB) yang menjadi andalan Pemkab Pamekan, dengan cara mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang ada agar usaha mereka lebih maksimal.

Sementara itu, Bupati Baddrut Tamam mengungkapkan, program itu akan dimaksimalkan untuk memfasilitasi masyarakat, mahasiswa, dan anak-anak sekolah yang mau mengembangkan potensinya di bidang usaha digital. Bahkan ia meminta agar dapat segera dilaksanakan pada sisa tahun 2021 ini.

"Kami sangat mengapresiasi program tersebut, ini merupakan program luar biasa yang harus ditangkap dan dimanfaatkan dengan baik, demi kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (pmk1/zar)