Pastikan PTM Berjalan Aman, Wali Kota Maidi Minta Seluruh Siswa Divaksin Terlebih Dahulu

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Hendro Suhartono
Selasa, 07 September 2021 14:33 WIB

Salah satu siswa SMPN 13 Kota Madiun saat disuntik vaksin.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun terus mengejar persiapan pembelajaran tatap muka (TPM). Selain menyiapkan sarana dan prasarana, Pemkot Madiun juga terus menggenjot vaksinasi untuk pelajar dan anak usia 12 tahun ke atas.

Wali Kota Madiun H. Maidi menginginkan agar pelaksanaan PTM berjalan dengan aman. Karena itu, sebelum PTM digelar, ia memastikan baik guru maupun murid sudah harus mendapatkan vaksin.

"Persiapan PTM di SMP kompleks (SMPN 1, 3, 13) mau masuk, sehingga semua harus sudah divaksin. Karena mereka (siswa-siswi) nanti saat keluar sekolah saling bertemu, jadi sudah aman. Proses selanjutnya setelah mereka masuk sekolah selama 1 minggu, maka akan diadakan swab kepada para murid," terang Maidi usai meninjau vaksinasi di SMPN 13 Kota Madiun, Selasa (7/9/2021).

Maidi juga mengimbau pihak sekolah wajib menyiapkan ruang UKS. Sehingga bila ada murid yang sakit bisa cepat ditangani. Selain itu, apabila terdapat murid ternyata positif Covid-19, pihak sekolah harus segera melakukan tracing.

"Tinggal kontak puskesmas terdekat," pesan Maidi.

Agus Suprianto, guru sekaligus Koordinator Vaksinasi di SMPN 13 Kota Madiun sangat mengapresiasi pelaksanaan vaksin untuk pelajar. "Saya sangat senang dengan terselenggaranya vaksin untuk anak ini. Sehingga bila semua telah tervaksin, kita sudah siap bila menjalankan PTM," terang Agus

Pelaksanaan vaksinasi di SMPN 13 Madiun dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat menggunakan jenis vaksin Sinovac. Jumlah sasaran sebanyak 1.551 anak, perinciannya dari SMPN 13 ada 635 anak, SMPN 1 ada 427 anak, dan SMPN 3 ada sekitar 300 anak karena ada yang sudah divaksin. (dro/rev)