Panen Raya Singkong, Mbok Muslimah Ubah Jadi Gaplek agar Harga Stabil | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Panen Raya Singkong, Mbok Muslimah Ubah Jadi Gaplek agar Harga Stabil

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 14 Agustus 2021 13:26 WIB

Mbok Muslimah (kanan) dibantu anaknya sedang mengupas ketela pohon untuk dijadikan gaplek. Foto: Muji Harjita/BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setiap musim kemarau seperti sekarang ini, sebagian petani yang berdomisili di Lereng Gunung Wilis sedang panen atau . Namun, panen yang melimpah, pasti dibarengi dengan harga turun.

Dilema ini dihadapi oleh para petani di sentra di Kecamatan Semen dan Mojo. Agar tidak terlalu merugi, beberapa petani mengolah itu menjadi . Gaplek adalah bahan makanan yang diolah dari ubi atau .

Proses membuat , atau yang telah dipanen kemudian dikupas dan dikeringkan. Gaplek yang telah kering kemudian bisa ditumbuk sebagai tepung tapioka yang bisa dibuat bermacam-macam, termasuk tiwul.

Mbok Muslimah (50), warga Dusun Pandanarum, Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, adalah salah satu petani yang menjadikan hasil panen miliknya menjadi , agar mempunyai harga jual yang lebih tinggi.

Ditemui di rumahnya di Lereng Wilis, Mbok Muslimah yang ditemani Fatimah, anaknya, menceritakan bahwa saat ini beberapa petani memang sedang panen . Menurut Mbok Muslimah, bila itu langsung dijual, pasti dihargai sangat murah. Untuk itulah, ia dibantu anak dan Nyari (65), suaminya, menjadikan itu menjadi .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video