Dinsos Kota Kediri Salurkan Bantuan Kursi Roda pada Penyandang Disabilitas

Editor: Nur Syaifuddin
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 30 Juli 2021 10:09 WIB

Samirin, salah satu penerima bantuan kursi roda. (Ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri melalui dinas sosial menyalurkan bantuan kursi roda kepada empat orang penyandang disabilitas. Bantuan merupakan tindak lanjut dari bantuan tidak direncanakan yang salah satunya mengakomodasi para penyandang disabilitas.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Kediri Luluk Nita Kumala berharap bantuan kursi roda yang diberikan bisa mendukung aktivitas para penyandang disabilitas sesuai dengan kedisabilitasanya. Agar dapat berdaya guna, terutama untuk diri sendiri dengan kegiatan yang positif.

“Perlu diingat bahwa penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat yang memiliki fisik normal dan berhak untuk mendapat perhatian,” ungkap Luluk Nita Kumala, Jumat (30/7).

Luluk mengatakan, penyaluran kursi roda ini dilakukan di empat titik yang berbeda, di antaranya di Kelurahan Tinalan, Burengan, Semampir, dan Tamanan. Dinsos sebelumnya mendapatkan data dari pendamping penyandang disabilitas dan tim reaksi cepat (TRC) yang berada di setiap kelurahan. Mereka yang merespons kasus di setiap wilayah jika terdapat warga yang memang memerlukan bantuan.

Menurut Luluk, proses pengajuan bantuan sosial bisa dilakukan dengan pembuatan proposal yang disetujui oleh kelurahan dan ditujukan kepada Wali Kota Kediri. Apabila proposal disetujui maka dinas sosial akan bergerak dalam penyaluran bansos.

"Jika warga kesulitan datang ke kelurahan bisa menghubungi relawan dari dinas sosial yaitu TRC, di masing-masing kelurahan setempat. Dinsos bersinergi dengan pihak kelurahan bagaimana agar penyandang disabilitas dapat mencukupi kebutuhannya. Salah satunya dengan cara mengasesmen kebutuhannya dan melakukan pendampingan. Hal ini juga didukung dari lingkungan masyarakat sekitar yang kompak ikut membantu," tutup Luluk.

Pemberian bantuan kursi roda ini disambut baik oleh masyarakat Kota Kediri. Salah satunya Samirin warga Kelurahan Burengan yang setiap harinya mengandalkan bantuan dari tetangga sekitar untuk memenuhi kebutuhannya. Samirin yang tinggal hanya dengan anaknya ini telah diakomodasi kebutuhannya oleh Dinsos Kota Kediri dan pihak kelurahan, mengingat anaknya yang juga seorang ODGJ.

Sementara itu, Kasmudji yang juga menerima bantuan kursi roda dari Pemkot Kediri juga merasa senang dengan bantuan ini. Kasmudji melalui Tutut anaknya mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan kursi roda yang memang sangat dibutuhkan ayahnya.

“Terima kasih banyak untuk Pemkot Kediri dan Bapak Wali Kota Kediri atas kepeduliannya kepada ayah saya. Semoga bantuan ini nantinya berimbas baik kepada ayah saya,” ucap Tutut. (uji/ns)