Gandeng Puskesmas Sedati, Pemdes Semampir Sidoarjo Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Safiudin
Kamis, 29 Juli 2021 21:42 WIB

Kades Semampir saat mendampingi warganya menjalani vaksinasi.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah desa dan kader posyandu Desa Semampir, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo bersinergi dengan Puskesmas Sedati menggelar kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 dosis kedua, di balai desa setempat, Kamis (29/07).

Antusiasme 330 warga yang sudah terdaftar untuk mendapatkan vaksin tersebut sangat tinggi, walaupun demikian tidak sampai terjadi kerumunan. Semua meja pendaftaran, meja untuk screening, meja pemeriksaan dan vaksin terpisah.

Dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, masing-masing ada panitia dari Linmas desa dan Satgas Covid-19 Desa Semampir yang mengarahkan sesuai alurnya.

Terlihat sekali dalam pelaksanaan vaksin, adanya koordinasi dan komunikasi yang intens antara tenaga kesehatan dari puskesmas dan pemerintah desa setempat. Sehingga protokol kesehatan benar-benar berjalan dengan baik dan tertib. Mekanisme undangan diatur sesuai dengan jadwal.

(Kades Semampir foto bersama kader posyandu dan nakes Puskesmas Sedati)

Kepala Desa Semampir H Luqman Mualim, SH mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan seperti itu tentu harus bekerja sama dengan mengembangkan sinergitas bersama pemerintah daerah, khususnya Kabupaten Sidoarjo melalui puskesmas kecamatan.

Lebih lanjut Luqman menjelaskan bahwa program itu tujuannya untuk membangun imunitas, baik individu atau comunity pada masa pandemi Covid-19. "Semoga segera berakhir, bisa beraktivitas normal," jelasnya.

Luqman yang turut mendampingi pelaksanaan vaksin mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan Puskesmas Sedati, relawan dan kader posyandu terutama Ibu Niken yang telah ikut menyukseskan acara.

"Ini bentuk koordinasi yang luar biasa. Karena sesuai dengan Instruksi Presiden untuk percepatan vaksin mulai bulan Juli 1 juta dosis vaksin per hari," jelasnya.

"Oleh karena itu, untuk pendaftaran vaksin kita melihat domisili, bukan domisili sesuai KTP. Walaupun KTP di luar Semampir, asal domisilinya di Semampir bisa melakukan vaksin," sambungnya.

Salah satu warga, Fajar (25) menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama Pemerintah Desa Semampir yang sangat memerhatikan warganya. "Semoga para tenaga kesehatan,dan seluruh perangkat, terutama Pak Lurah sehat selalu dan semoga pandemi ini segera berlalu," ucapnya. (sda1/ian)