PLN Terus Optimalkan Keandalan Sistem Kelistrikan untuk Kenyamanan Pelanggan Saat PPKM Darurat

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Kamis, 29 Juli 2021 18:43 WIB

Para petugas yang berhasil menyelesaikan pekerjaan peningkatan kapasitas trafo di GI Kebonagung.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam masa PPKM Darurat yang terus berjalan hingga saat ini, listrik memiliki peran yang sangat penting, banyak masyarakat yang melakukan aktivitas di dalam rumah. PLN terus memastikan kecukupan pasokan listrik bagi masyarakat dengan melakukan pemeliharaan maupun perbaikan demi andalnya sistem kelistrikan.

PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) berhasil meningkatkan kapasitas (uprating) trafo yang berada di Gardu Induk (GI) Kebonagung yang sebelumnya berkapasitas 30 MVA menjadi 60 MVA. Trafo tersebut mensuplai ke sebagian Wilayah Malang Kota serta sebagian wilayah Kab. Malang.

General Manager UIT JBM Suroso mengatakan, dengan melakukan upraring pada trafo tersebut diharapkan menambah keandalan sistem penyaluran tenaga listrik di wilayah Malang Raya.

“Kami terus mendukung keputusan pemerintah pusat soal PPKM Darurat. Kami terus memperhatikan keandalan sistem kelistrikan karena banyak masyarakat yang berada di rumah,” jelanya.

“Upaya yang kami lakukan salah satunya dengan melakukan uprating trafo di GI Kebonagung yang memakan waktu 10 hari dengan mengerahkan enam belas personel,” imbuhnya.

(Petugas ULTG Babat sedang melakukan pemeliharaan kapasitor demi keandalan sistem PLN)

Tak hanya uprating trafo, PLN UIT JBM pun melakukan pemeliharaan rutin dua tahunan pada GI Mliwang. Pemeliharaan salah satu kapasitor di GI Mliwang pun telah rampung dikerjakan oleh para petugas sejumlah sepuluh personel dari Unit Layanan Transmisi & Gardu Induk (ULTG) Babat selama satu hari.

“Di GI Mliwang kami melakukan upaya pada kapasitor agar tegangan tetap stabil dan komponen yang berada di GI dapat bekerja secara optimal. Kami terus berusaha agar keandalan listrik dapat terus terjaga baik pada masa PPKM ini maupun di luar PPKM,” kata Suroso.

Dengan adanya peningkatan keandalan itu, pihaknya berharap suplai pasokan listrik ke seluruh masyarakat dan sarana kesehatan tidak mengalami kendala, sehingga masyarakat dapat melaksanakan aktivitasnya dengan aman. Para petugas PLN pun tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) saat melaksanakan pekerjaan. (diy/ian)