PMI Jember Intensifkan Penyemprotan Disenfektan di Tempat Rentan Penularan Covid-19

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
Kamis, 29 Juli 2021 17:11 WIB

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Relawan PMI Jember terus mengintensifkan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat yang dianggap rentan terhadap penularan Covid-19. (foto: ist)

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Relawan PMI Jember terus mengintensifkan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat yang dianggap rentan terhadap penularan Covid-19. Tak terkecuali di rumah-rumah warga yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Seperti yang dilakukan di 36 RW di Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates. Proses sterilisasi oleh relawan tersebut dilakukan selama dua hari berturut turut dengan ribuan liter cairan disinfektan.

"Alhamdulillah dan terima kasih pada PMI yang sudah dua hari ini melakukan penyemprotan di 36 RW yang semuanya itu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Rakhmad Ariefin, Lurah Jember Kidul, Kamis (28/7/2021).

Penyemprotan cairan disinfektan oleh 15 personel relawan dilakukan keliling menggunakan 6 hand sprayer untuk bisa menjangkau kawasan padat penduduk, sedangkan untuk jalan di lingkungan tersebut disemprot dengan menggunakan 2 mobil gunner milik PMI Jember.

Sementara itu, Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki mengatakan, warga yang isolasi mandiri dan dirujuk ke rumah sakit di kelurahan tersebut tersebar di 5 lingkungan, di antaranya Talangsari, Kulon Pasar, Ledok Kebon Lor, Pattimura, dan Kebon Kidul. Di lokasi itu juga terdapat 8 warga yang meninggal dunia dan telah dimakamkan secara protokol kesehatan Covid-19.

"Untuk kelurahan Jember Kidul ini, kami dari PMI Jember mengerahkan seluruh kekuatan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah-rumah warga, selain membawa gunner kami juga membawa hand sprayer," tutur Zaenal Marzuki.

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat setiap hari, PMI Jember juga membawa tim khusus untuk melakukan sosialisasi tersebut ke masyarakat yang ada di Kelurahan Jember Kidul.

"Kami juga melakukan sosialisasi pada masyarakat yang ada di sini, agar mereka selalu disiplin menerapkan 5M sehingga bisa hidup sehat dan terhindar dari paparan Covid-19," ujarnya. (yud/eko/zar)