Jember Raih Peringkat Madya di Ajang Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Kamis, 29 Juli 2021 17:03 WIB

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama jajaran Pemkab Jember usai mengikuti zoom meeting.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Upaya untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Jember rupanya tak sia-sia. Hasilnya pun sudah diakui oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI.

Penghargaan itu diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE MSi, saat acara penghargaan KLA kepada kabupaten/kota seluruh Indonesia melalui zoom meeting, Kamis (29/7).

Bupati Jember Hendy Siswanto mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur atas prestasi yang diraih oleh Pemkab Jember.

"Ini menjadi motivasi Kabupaten Jember dalam meningkatkan kembali pemenuhan hak dan kewajiban perlindungan anak serta motivasi dan evaluasi di tahun depan mendapatkan peringkat utama," kata Hendy usai acara, di Pendopo Wahyawibawagraha.

Menurutnya, hal tersebut merupakan hasil keseriusan dan kerja keras semua pihak untuk membawa Jember menjadi lebih baik.

“Alhamdulillah, kita dapat penghargaan ini. Ke depan kita tingkatkan lagi meraih tingkat yang lebih tinggi pada tahun selanjutnya. Kita sudah di tingkat madya. Ini sangat luar biasa, terima kasih atas dukungan dan kerja keras semua pihak untuk kegiatan ini,” ujarnya.

Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara penghargaan KLA digelar melalui proses evaluasi panjang, dengan banyak kesesuaian dan kegigihan di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

"Sehingga, penghargaan tersebut dapat terlaksana di tahun 2021 di situasi pandemi Covid-19 dengan menerapkan prokes ketat," ujarnya.

Menurutnya, perlindungan anak dan perempuan merupakan tugas wajib yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota, masyarakat, media dan dunia usaha sebagai 4 pilar pembangunan.

Di akhir penutupan acara, Menteri Bintang Darmawati menyampaikan sambutan akhirnya kepada seluruh peserta dari seluruh Indonesia melalui zoom meeting tersebut.

"Semoga penghargaan ini tidak dilihat tujuan akhir tetapi semangat untuk maju dalam perlindungan dan hak anak di daerah masing-masing," pungkasnya.

Harapannya ke depan terselenggaranya acara itu menjadikan bahan evaluasi di setiap kabupaten/kota menuju Indonesia maju, serta lingkungan yang mendukung Indonesia Layak Anak di tahun 2030.

Perlu dketahui, Jember menjadi salah satu kabupaten yang mendapatkan peringkat Madya, setelah sebelumnya mendapatkan peringkat Pratama di tahun 2019. (adv/yud/eko)