Kapolda Jatim dan Pangdam Cek PPKM Level IV di Gresik

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Rabu, 28 Juli 2021 22:26 WIB

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, didampingi Bupati, Kapolres, dan Dandim Gresik saat melihat tempat isolasi pasien Covid-19 di Stadion Gejos. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gresik untuk melihat pelaksanaan PPKM Level IV, Rabu (28/7/2021).

Kedatangan orang nomor satu di Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya itu disambut oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kapolres AKBP Arief Fitrianto, dan Dandim 0817 Letkol Inf. Taufik Ismail.

Saat tiba di Gresik, rombongan kapolda dan pangdam langsung menuju bangunan stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) di Desa Segoromadu, Kecamatan Kebomas untuk pemantauan pasien Covid-19 melalui CCTV yang sedang menjalani isolasi.

Dengan mengendarai sepeda motor jenis trail, kapolda, pangdam, beserta rombongan lalu meninggalkan Stadion Gejos menuju Puskesmas Gending, Kecamatan Kebomas.

Di sana rombongan mengecek perlengkapan kesehatan di puskesmas. Pasalnya, puskesmas tersebut berada di perbatasan Gresik dengan Surabaya. Sehingga penanganan Covid-19 harus benar merata.

Rombongan juga menemui warga di Kelurahan Gending dan melaksanakan imbauan kepada kepala desa, bhabinkamtibmas, dan babinsa.

Kapolda meminta persepsi penanganan Covid-19 satu garis lurus dari atas hingga ke bawah. "Pelaksanaan PPKM saat ini yang dilakukan harus kepala kelurahan bersama babinsa dan bhabinkantibmas untuk memantau warga agar tidak keluar rumah terlebih dahulu. Dan kalau ada warga yang terpapar Covid-19 agar segera ditangani di posko yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah. Hal ini untuk menghindari adanya penularan penyebaran Covid-19," ucap Irjen Pol Nico.

Dikatakannya, Covid-19 dengan varian baru saat ini sangat berbahaya dan aturan prokes yang sudah ditetapkan pemerintah harus dijalankan.

Tidak hanya memberikan imbauan, rombongan kapolda dan pangdam juga membagikan sembako kepada perwakilan masyarakat di Kelurahan Gending dilanjutkan foto bersama saling menguatkan satu sama lain.

"Dalam penanganan pandemi Covid-19 harus dilakukan pengawasan secara ketat dan dilaporkan terlebih dahulu secara manual kepada pemerintah desa, puskesmas, dan dilanjutkan ke Dinkes Gresik. Menekankan kepada aparat kewilayahan baik dari Babinsa maupun dari Kamtibmas untuk saling berkoordinasi dengan satuan masing-masing dalam upaya penanganan Covid-19," pungkasnya. (hud/ian)