Perpanjangan PPKM Level IV, Pemkab Pamekasan Sediakan Tempat Isolasi Terpusat

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ferdiana Lestari
Senin, 26 Juli 2021 14:29 WIB

Sekdakab Pamekasan Ir. Totok Hartono dan forkopimda saat meresmikan tempat isolasi terpusat di Hotel Garuda, Jalan Masegit No. 1 Pamekasan. foto: FERDIANA LESTARI/ BANGSAONLINE

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Menindaklanjuti perpanjangan PPKM Level IV, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menyiapkan tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 yang ditempatkan di Hotel Garuda, Jalan Masegit Nomor 01 Pamekasan.

Tempat isolasi terpusat itu diresmikan oleh Sekdakab Pamekasan Ir. Totok Hartono didampingi Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar, Kajari Muklis, Camat Kota Pamekasan Rahmat Hidayat, dan anggota Kodim 0826/Pamekasan, Senin (26/7).

Totok mengungkapkan, penyediaan tempat isolasi terpusat sebagai langkah antisipatif Pemkab Pamekasan bersama forkopimda dalam memberikan fasilitas memadai bagi masyarakat yang positif Covid-19. Mengingat, terjadi lonjakan pasien Covid-19 di Pamekasan.

Sebelumnya, Pemkab Pamekasan juga telah menjadikan gedung Islamic Center di Jalan Raya Panglegur dan Homestay Asri di Jalan Trunojoyo Pamekasan sebagai tempat isolasi.

"Perintah dalam PPKM level itu menyediakan tempat isolasi terpusat, nah kita sediakan di sini (hotel Garuda, red). Tetapi beberapa tempat yang lain tetap, seperti homestay dan Islamic Center, ini hanya perluasan saja," katanya, Selasa (26/7/2021).

Menurutnya, Pemkab Pamekasan bersama TNI dan Polri telah bekerja maksimal untuk memutus penyebaran Covid-19 sesuai dengan petunjuk para ahli kesehatan. Di antaranya, penerapan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan.

"Edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat harus tetap kita galakkan, karena menurut para pakar, prokes itu salah satu upaya mencegah penularan," tandasnya.

Totok menambahkan, tempat isolasi bagi pasien Covid-19 di Hotel Garuda disediakan sebanyak 8 kamar. "Kamar totalnya 8, tetapi kan nanti tergantung kebutuhan berapa pasien yang akan ditampung," jelas Totok kepada BANGSAONLINE.com.

Dia berharap masyarakat senantiasa mematuhi protokol kesehatan serta meminta pertolongan kepada Allah SWT agar Covid-19 segera diangkat dari muka bumi. "Mari seluruh masyarakat Pamekasan untuk mematuhi prokes covid-19 dan memohon kepada Allah SWT agar pandemi ini cepat berakhir," pungkasnya. (pmk1/rev)