Kita Bisa Jadi Raja Durian, Luas Kebun Durian Malaysia Seluas Negara Singapura | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kita Bisa Jadi Raja Durian, Luas Kebun Durian Malaysia Seluas Negara Singapura

Editor: MMA
Selasa, 20 Juli 2021 06:52 WIB

Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com  jadi . Bulan Juli adalah bulan panen durian di negeri jiran itu. Maklum, luas kebun durian di mencapai 72.000 hektare. "Itu sama dengan seluruh Singapura ditanami durian,” tulis Dahlan Iskan, wartawan kondang itu.

Mantan menteri BUMN itu optimistis Indonesia bisa jadi . Benarkah? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan di Disway, HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com hari ini, Selasa 20 Juli 2021. Selamat membaca:


HARUSNYA bulan begini saya ke : makan durian. Seperti dua tahun lalu. Sepuas-puasnya. Seenak-enaknya.

Ini lagi panen raya durian di sana. Harga lagi murah-murahnya. Bulan Juli adalah bulan durian di .

Begitu pastinya siklus itu. Tidak ada penguasa di sana yang bisa bilang: sejak saya berkuasa durian bisa panen di bulan Juli.

Memang jualan durian di pinggir jalan kini dibatasi habis: sejak ada PPKM di sana. Tapi jaringan online segera menggantikannya. Harga pun tidak terlalu jatuh.

Black Thorn Rp 200.000

Musang King Rp 150.000

D24 Rp 75.000

Kampung Rp 20.000

Memang kita tidak perlu lagi ke . Kita sudah bisa beli Musang King di Jakarta: Rp 400.000.

Di , Tuhan mengatur masa panen durian tidak bersamaan. Kawasan Penang, panen di bulan Mei, Johor di Juni, Pahang Juli, Kelantan Agustus.

Tahun lalu produksi durian 300.000 metrik ton. Hampir 50 persennya diekspor ke Singapura. Yang 20 persen diekspor ke Tiongkok. Yang ke Singapura itu ujung-ujung ke Tiongkok juga –sebagian ke Indonesia.

Musim panen tahun ini harga tidak bisa lagi terlalu jatuh. Sudah ada 13 pabrik processing durian. Diambil daging beserta bijinya lalu dibekukan. Jumlah pabrik processing itu akan terus bertambah. "Yang sudah mendapat izin 33 perusahaan," tulis The Star . Bahkan sejak tahun lalu sudah diizinkan ekspor durian utuh –bersama kulitnya. Itu setelah ditemukan cara pengawetan durian utuh. Yakni didinginkan dengan nitrogen (Disway 24 April 2021: Nitrogen).

memang andalan buah . Lebih 40 persen buah di sana adalah durian. Baru nomor dua dan tiga, pisang dan nanas.

Luasan kebun durian di mencapai 72.000 hektare. Itu sama dengan seluruh Singapura ditanami durian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video