BPBD dan FRPB Pamekasan Bantu Distribusi Tabung Oksigen untuk Penderita Covid-19

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ferdiana Lestari
Senin, 19 Juli 2021 16:59 WIB

Satu unit Truk Serba Guna BPBD Kabupaten Pamekasan yang menampung puluhan tabung oksigen berukuran besar, siap membantu dalam pendistribusian.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 yang masih merebak di Kabupaten Pamekasan membuat kebutuhan oksigen meningkat akhir-akhir ini. Bahkan, masyarakat sampai kesulitan mencari tempat isi ulang dan penjualan tabung alat bantu pernapasan tersebut. Antrean tampak di beberapa depo pengisian oksigen di Pamekasan.

Guna memenuhi kebutuhan oksigen warga Bumi Gerbang Salam, Pemkab Pamekasan melalui Pamekasan Call Center (PCC) menyiapkan puluhan tabung besar tiap harinya. Tabung oksigen itu disiapkan oleh Rumah Observasi Islamic Center (ROIC) Pamekasan, yang menjadi tempat perawatan darurat bagi pasien gejala ringan dan gejala sedang.

Untuk meringankan akses dan mobilitas pengisian tabung oksigen di ROIC Pamekasan itu, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan dilibatkan untuk membantu distribusinya.

Dengan dibantu tim Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan, mereka bergerak membantu angkutan dan tenaga teknis ke depo pengisian oksigen yang berada di Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Menurut Budi Cahyono, Spv Pusdalops BPBD Pamekasan, upaya ini sebagai bentuk sinergi dengan Dinas Kesehatan melalui PCC. Terutama dalam upaya memudahkan pemenuhan kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 di ROIC dan warga Pamekasan.

"Kami kerahkan 1 unit Truk Serba Guna BPBD Kabupaten Pamekasan untuk mengangkut puluhan tabung oksigen setiap harinya," jelas Budi Cahyono kepada BANGSAONLINE.com, Senin (19/07/2021).

Dengan pola itu diharapkan tim medis akan lebih mudah dan cepat melayani kebutuhan oksigen pasien yang dirawat. Tak ayal jika setiap pagi hari, puluhan tabung besar berwarna biru itu diangkut tim gabungan itu.

"Selain itu, juga kami sebelumnya sudah membantu membangun 2 tenda darurat untuk kebutuhan perawatan pasien di RSUD Pamekasan. Alhamdulillah, semua lancar dan bisa bermanfaat bersama," tukasnya. (pmk1/ian)