Bantu Pemprov Wujudkan Herd Immunity, IKA Unair Gelar Percepatan Vaksinasi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Indrayadi
Minggu, 18 Juli 2021 01:21 WIB

Vaksinasi ini menggandeng FK Unair yang memang mempunyai SDM handal di bidang kesehatan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Airlangga Surabaya, turut mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dengan menggelar program vaksinasi dalam mewujudkan herd immunity yang ditargetkan bisa dicapai pada pertengahan Agustus 2021 nanti.

"Ini merupakan strong partnership dengan melibatkan seluruh elemen yang bisa memaksimalkan percepatan vaksinasi yang harus kita lakukan secepatnya," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa usai meninjau vaksinasi di Pondok Pesantren Yanabi'ul Ulum Wal Hikam, Jagir Sidoresmo Surabaya, Sabtu (17/7/2021).

Gubernur Khofifah yang sekaligus Ketua IKA Unair menjelaskan, vaksinasi ini menggandeng FK Unair yang memang mempunyai SDM handal di bidang kesehatan, dengan jaringan luas.

Kata Khofifah, program ini nantinya juga menyisir kampung dan daerah pesisir. "Ini adalah tahap pertama. Insya Allah di Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo tanggal 24 akan kami lakukan hal yang sama, dan beberapa daerah lain juga sudah diidentifikasi," ungkapnya.

"Jadi ini partnership bersama, ada pemprov, IKA Unair, FK, dan tentu saja jejaring masyarakat yang membutuhkan percepatan vaksinasi. Dan diharapkan bisa bersinergi dengan program yang diluncurkan Presiden tiga hari lalu, percepatan vaksinasi untuk pelajar dan santri bagi anak anak usia 12 - 17 tahun," tambah Khofifah.

Selain santri, pelajar, dan anak anak, Khofifah menyebutkan, warga sekitar juga akan mendapatkan vaksin, mengingat stok yang ada masih cukup.

"Pemprov ingin membangun partnership lebih komprehensif dan lebih kuat. Harapannya saat HUT RI ke-76 nanti, minimal bisa tercapai herd immunity 70 persen. Percepatan vaksinasi ini tergantung dari percepatan dropping vaksin dari pusat," tutupnya. (dra/rev)