KORMI Kota Kediri Siap Sukseskan Musprov Jatim 2021

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 29 Juni 2021 15:32 WIB

Ketua Umum KORMI Kota Kediri Dr. Abdian Asgi Sukmana, M.Or., (kiri) dan Sekretaris KORMI Kota Kediri Riski Burstiando, M.Pd. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Kediri siap menyukseskan Musyawarah Provinsi (Musprov) Jawa Timur yang akan digelar di Surabaya, Rabu (30/6/2021) besok.

Musprov sendiri merupakan sarana suksesi organisasi olahraga masyarakat di Jawa Timur. Di mana dalam musprov tersebut akan dipilih ketua umum KORMI Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026.

Ketua Umum KORMI Kota Kediri Dr. Abdian Asgi Sukmana, M.Or., menjelaskan bahwa KORMI Kota Kediri siap menyukseskan kegiatan Musprov KORMI Jatim yang tentunya dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Abdian, menjelang musprov ini, sudah muncul empat nama Calon Ketua Umum KORMI Jatim Periode 2021-2026, yakni Dr. Hudiyono, M.Si., Dr. Edi Purwinarta, M.Si., Bambang Purwanto, dan Fadly Syahputra.

"Beliau adalah orang-orang yang tidak perlu diragukan lagi loyalitas dan komitmennya terhadap KORMI, khususnya KORMI Jawa Timur," ujar pria yang juga Dosen Olahraga UNP Kediri itu, didampingi Sekretaris KORMI Kota Kediri Riski Burstiando, M.Pd., Selasa (29/6/2021).

Masih menurut Abdian, KORMI sendiri adalah perubahan nama dari FORMI yang diputuskan dalam munaslub (musyawarah nasional luar biasa) dan rakernas (rapat kerja nasional) yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainduin Amali.

"Munaslub dan Rakernas FORMI 2020 digelar Senin (28/9/2020), di Hotel Grand Zuri, Tangerang Selatan, Banten, menetapkan bahwa Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) telah berganti nama menjadi Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI)," terang Abdian seraya mengatakan bahwa KORMI sendiri setingkat dengan KONI.

Ditambahkan oleh Abdian, sampai saat ini cabang olahraga (cabor) yang sudah tergabung dalam KORMI Kota Kediri yakni KPOTI (Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia), Kosti (Komunitas Sepeda Tua Indonesia), POKI, runner, airsoftgun, aerobik, zumba, yoga, senam jantung, dan Langkah Dansa Indonesia.

"Di dalam KPOTI sendiri ada olahraga tradisional yaitu egrang, dagongan, hadangan, terompah, dan sumpit," tutup Abdian. (uji/zar)