Ketua AMSI Jatim Beberkan Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Agar Dimuat di Media Massa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ketua AMSI Jatim Beberkan Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Agar Dimuat di Media Massa

Editor: Redaksi
Sabtu, 26 Juni 2021 22:33 WIB

Ketua AMSI Jatim, Arief Rahman saat menjadi narasumber di Webinar Bahasa Jurnalistik "Strategi Penulisan Artikel Ilmiah di Media Massa".

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya menggelar Bahasa Jurnalistik bertajuk 'Strategi Penulisan Artikel Ilmiah di Media Massa' melalui Zoom Meet dan juga live di kanal YouTube FKIP Unitomo, Sabtu (26/6/2021) pagi.

tersebut menghadirkan 3 narasumber yang menjadi pemantik diskusi, yakni Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, Arief Rahman, serta dua mahasiswa Unitomo yang gemar menulis dari Prodi M.PBI FKIP Unitomo, Sri Wahyuni dan Suci Ayu Latifah.

Ketua , Arief Rahman membagikan beberapa tips, supaya yang disampaikan penulis dapat termuat di media massa. Seperti konten yang sudah dipersiapkan penulis dan konteks penulisan yang komunikatif.

"Intinya strategi supaya tulisan layak muat di media itu ada tiga, yakni konten, konteks, dan komunikatif. Kalau jurnal ilmiah di sisi komunikatifnya itu terkadang diabaikan," terangnya saat menyampaikan gagasan.

Menurut Arief, baik media cetak ataupun digital telah menyediakan ruang untuk masyarakat menyampaikan tulisannya, berupa kolom opini atau kolom khusus.

Kendati demikian, penulis tetap tak bisa menulis asal-asalan untuk menyampaikan opininya dalam bersikap atas suatu masalah. Tetapi berdasarkan hasil penelitian, observasi lapangan, dan juga bisa mengembangkan berita yang ngetren di masyarakat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video