Optimalkan Potensi Wisata, Pemkab Jember Gelar Tourism Exploration and Funcamp 2021

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB

Wakil Bupati Jember, Gus Firjoun saat membuka Jelajah Wisata and Funcamp 2021 di BOMA Agrowisata Gunung Pasang, Panti, Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.

Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 2021 selama dua hari, Sabtu (19/6) hingga Minggu (20/6) besok. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Jember, Gus Firjoun, di BOMA Agrowisata Gunung Pasang, Panti, Jember.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik wisatawan sekaligus menggerakkan perekonomian di kawasan wisata Gunung Pasang,” ujar Gus Firjoun saat memberikan sambutan.

"Ke depannya, kami akan memaksimalkan semua potensi yang ada di Kabupaten Jember, khususnya di bidang pariwisata. Sesuai dengan penyampaian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang akan memperkenalkan pariwisata Jember ke kancah internasional," tambahnya.

Wabup menambahkan, terselenggaranya acara ini juga dalam rangka mewujudkan program pemerintah yaitu “desa pintar”.

Usai sambutan, Wabup Gus Firjoun secara simbolis melepas peserta Jelajah Wisata and Funcamp 2021, dilanjutkan dengan mengunjungi stand produk BUMDes di Desa Suci Panti, dan menebar benih ikan di sungai.

Pembukaan Jelajah Wisata and Funcamp 2021 ini turut dihadiri Wakil Ketua TP PKK Jember, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Plt. Kepala Kominfo, Plt. Direktur PDP, Camat, dan Muspika Panti. Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur. Selain itu, panitia mengundang komunitas sosial, seperti vlogger, aktivis media sosial, dan komunitas peduli Jember.

(Wabup Gus Firjoun dan Wakil Ketua TP PKK Jember pun harus jaga jarak)

Selama kegiatan tersebut, panitia menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dhebora Krisnowati Sumarahinigsih mengatakan digelarnya acara ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan pariwisata Jember ke kancah nasional.

"Kami mengundang banyak elemen pemerintahan tersebut dengan tujuan agar masyarakat mengetahui bahwa Jember memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan," ujar Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. (yud/eko/rev)