Deteksi Dini PTM, ​Bunda Fey: Ayo Datang ke Posbindu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Deteksi Dini PTM, ​Bunda Fey: Ayo Datang ke Posbindu

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 03 Juni 2021 20:18 WIB

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar (Bunda Fey) saat memberi sambutan di acara Gerakan Serentak Sadar Posbindu PTM di Kelurahan Betet, Kamis (3/6/2021). (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Saat ini banyak permasalahan kesehatan yang harus dihadapi. Selain pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, penyakit tidak menular (PTM) juga mengalami peningkatan. Bahkan, kini PTM tidak hanya menyerang lansia namun juga remaja.

Kini, masyarakat yang berusia 15 tahun ke atas dapat melakukan deteksi dini dan konsultasi faktor risiko PTM dengan datang ke Pos Binaan Terpadu (Posbindu) PTM yang ada di setiap kelurahan. Ini setelah Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar memulai kembali Gerakan Serentak Sadar Posbindu PTM, di Kelurahan Betet, Kamis (3/6/2021). Posbindu PTM ini dilaksanakan di 46 kelurahan.

Bunda Fey, sapaan akrab Ketua TP PKK Kota Kediri itu mengatakan, Posbindu PTM ini sasarannya masyarakat usia 15 tahun ke atas. Saat ini tren data sudah bergeser, di mana PTM banyak menyerang remaja dan usia produktif. Tentu langkah pencegahan dan deteksi dini faktor risiko harus terus diperkuat.

"Di sini PKK terlibat dalam Posbindu karena di Posbindu juga yang bertugas kader-kader PKK. Ini diaktifkan kembali setelah satu tahun Posbindu tidak aktif karena pandemi Covid-19. Posbindu ini sangat bagus dan sangat menarik, karena fokusnya pada pencegahan penyakit tidak menular," ujar Bunda Fey.

Menurut Bunda Fey, pada Posbindu ini akan dilakukan deteksi dini. Mulai dari screening awal, cek kesehatan umum, dan konsultasi kepada dokter. Nantinya jika dalam pemeriksaan dibutuhkan penanganan lebih lanjut maka bisa dilanjutkan ke puskesmas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video