Dandan ala Mbok Jamu Gendong, Komunitas Ladies Scooter Gresik Kampanyekan Gemar Minum Jamu

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Minggu, 30 Mei 2021 23:04 WIB

Komunitas Ladies Scooter Gresik saat kampanye gemar minum jamu sambil bagi-bagi jamu gratis. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Jamu Nasional ke-13, komunitas scooter wanita atau Ladies Scooter Gresik mengampanyekan gemar minum jamu, Minggu (30/5/2021).

Mereka juga lakukan aksi membagikan ratusan jamu dalam botol gratis kepada masyarakat pengguna jalan.

Dengan berdandan layaknya “Mbok Jamu Gendong”, mereka berkeliling kota mengendarai scooter tua sambil mengampanyekan pentingnya minum jamu sebagai kebiasaan yang baik, dan sudah turun-temurun.

"Jadi, kegiatan ini kami dari Ladies Scooter Gresik berkolaborasi dengan Café Jamu Gresik dan Puskesmas Alun-alun, memperingati Hari Jamu Nasional ke-13," ucap Neneng Rahayu (40), koordinator aksi.

Menurut dia, kampanye dimulai dari Jalan Pahlawan depan Puskesmas Alun-alun Gresik. Di sana setidaknya mereka membagikan 150 lebih jamu dalam botol kepada masyarakat.

Jamu yang dibagikan di antaranya Jamu Uwuh, Secang, Ramuan Bunga Telang, Jamu Sirih, Beras Kencur, Temu Lawak, Kunir Asem, dan Jesare.

"Usai membagikan jamu, komunitas yang beranggotakan 27 member ini kemudian melanjutkan menuju Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik, di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik untuk berkampanye sekaligus membagikan jamu gratis," jelas Neneng.

Dikatakan Neneng, komunitasnya menganggap minum jamu sangat penting lantaran sudah menjadi tradisi turun temurun dari nenek moyang. Karenanya, bersama komunitas dan sesama wanita penggemar scooter, ia mengampanyekan minum jamu lantaran saat ini sudah mulai dilupakan.

"Komunitas kami mengampanyekan minum jamu lantaran merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang dan produk asli Indonesia," jelas wanita yang juga petugas Puskesmas Alun-alun Gresik ini.

Dia berharap, masyarakat bisa membiasakan kembali minum jamu dan dijadikan sebagai gaya hidup.

Selain berkampanye, komunitas scooter ini juga turut membantu ibu-ibu PKK di Gresik dalam hal penanaman toga, serta pembinaan mandiri akupresure bagi warga dan juga kegiatan sosial lainnya.

Usai membagikan jamu, para Ladies Scooter ini kemudian melanjutkan berkeliling kota, mulai dari Jalan Pahlawan, Jalan Jaksa Agung Soeprapto, Jalan Dr. Soetomo, hingga Jalan Sunan Giri Gresik untuk melanjutkan kampanye minum jamu. (hud/ian)