Hasil MotoGP Perancis: Jack Miller Juarai Balapan Flag to Flag, Marquez Jatuh Dua Kali

Editor: Revol Afkar
Minggu, 16 Mei 2021 19:57 WIB

Jack Miller.

LE MANS, BANGSAONLINE.com - Jack Miller berhasil menjuarai GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5) waktu setempat. Balapan berlangsung dramatis diwarnai flag to flag yang artinya pembalap harus bertukar motor dengan ban basah karena hujan turun di pertengahan lomba.

JALANNYA BALAPAN

Balapan dimulai dengan cuaca mendung. Jack Miller yang start kedua langsung menyodok ke posisi pertama untuk memimpin balapan. Hingga lap ketiga, Miller masih memimpin balapan sebelum akhirnya disalip Quartarato.

Namun tak berselang lama, hujan mulai turun. Pada lap kelima dan keenam, para pembalap mulai berganti motor dengan ban basah. Marc Marquez yang start di posisi ke-6 tiba-tiba memimpin balapan usai bertukar motor dengan ban basah. Diikuti Fabio Quartararo dan Jack Miller.

Namun hal ini tak berlangsung lama. Marquez hanya tiga lap memimpin balapan. Ia terjatuh setelah mengalami highside. Sempat rejoin, Marc Marquez kembali terjatuh 5 lap kemudian.

Balapan kemudian dipimpin Quartararo diikuti Jack Miller di posisi kedua. Quartararo juga hanya bertahan 4 lap memimpin balapan. Ia disalip Jack Miller yang sempat terkena dua kali long lap penalty akibat melampaui batas kecepatan di pit lane saat hendak bertukar motor.

Miller tampak nyaman memimpin balapan hingga terus memperlebar jarak dengan Quartaro. Sementara Quartararo terus dibuntuti Zarco. Zarco yang saat ini membalap untuk Pramac Ducati sempat tertinggal 17 detik dengan Quartararo. Namun Saat balapan menyisakan 7 lap, Zarco sudah berada tepat di belakang Quartararo dan akhirnya menyalipnya dengan mudah.

Meski trek mulai mengering, posisi 1, 2, dan 3 tak berubah hingga balapan berakhir. Balapan dimenangi Jack Miller, diikuti Johann Zarco di posisi kedua, dan Quartararo pada posisi ketiga.

Adapun posisi keempat, kelima, dan keenam secara berturut-turut adalah Francesco Bagnaia, Danilo Petrucci, dan Alex Marquez.