Hari Ini, LF PCNU Gresik Gelar Pemantauan Hilal Lebaran di Bukit Condrodipo

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Selasa, 11 Mei 2021 10:43 WIB

Bupati Gus Yani bersama Wabup Bu Min saat mengikuti rukyat penentu awal Ramadan 1442 H di Bukit Condrodipo waktu lalu. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LF PCNU) Gresik akan menggelar pemantauan hilal untuk menetapkan 1 Syawal 1442 H atau penanda Hari Raya Idulfitri 2021 di Bukit Condrodipo Kecamatan Kebomas, Selasa (11/5/2021).

Humas LF PCNU Gresik Angga Purwancara mengatakan, prosesi pemantauan hilal yang digelar dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 ini akan dipimpin oleh Dewan Pakar LF PCNU Gresik K.H. Abdul Muid (Gus Muid).

"Nanti sore, seperti biasa akan dipimpin oleh Gus Muid," kata Angga kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (11/5/2021).

Pemantauan hilal, lanjut dia, dimulai sejak pukul 15.00 WIB hingga selesai. Seluruh tahapan prosesi observasi akan disiarkan secara langsung oleh televisi swasta lokal dan nasional.

"Mulainya jam 3 sore, tapi jam kritisnya adalah mendekati waktu maghrib," terangnya singkat.

Sementara itu, Wakil Ketua LF PCNU Gresik Muchyiddin Hasan mengatakan, sejumlah pejabat tinggi pemerintah daerah Kabupaten Gresik diundang dalam pemantauan hilal kali ini. Selama berlangsung acara, panitia menerapkan prokes ketat bagi seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Bapak Bupati, Wakil Bupati, Kemenag, Pengadilan Agama kami undang," kata Muchyiddin saat ditanya terkait siapa saja yang diundang hadir dalam acara tersebut.

Adapun tahapan penyelenggaraan pemantauan hilal untuk menetapkan 1 Syawal 1442 H tidak jauh berbeda dengan penetapan 1 Ramadan lalu. Sebelum dilakukan sidang isbat, sesi pertama akan diisi pemaparan posisi hilal awal bulan oleh dewan pakar.

"Ya sama (tahapannya), dihisab dengan beberapa metode hisab dulu," pungkasnya. (hud/zar)