Legenda Gunung Bromo Dibuat Motion Comic | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Legenda Gunung Bromo Dibuat Motion Comic

Editor: nisa
Rabu, 25 Februari 2015 21:14 WIB

LEGENDA. Rudhi menunjukkan motion comic tentang Legenda Gunung Bromo karyanya. foto : nisa/bangsaonline

SURABAYA (bangsaonline) - Bentuk penghargaan terhadap cerita rakyat asli Indonesia berjudul Legenda , seorang mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) membuat motion comic-nya sebagai tugas akhir. Mahasiswa tersebut Rudhi Soegiarto, Program Studi Multimedia Fakultas Teknik. 

Dalam motion comic berdurasi sekitar 10 menitan itu, dikisahkan mengenai Roro Anteng sampai bertemu Jaka Seger. Jaka Seger dan Rara Anteng menikah dan karena lama tidak dikaruniai anak, merek berdua berdia kepada Yang Kuasa untuk dikaruniai anak dan berjanji akan mempersembahkan salah satu keturunannya untuk . Anak ke 25 bernama Jaya Kusuma terlahir dengan sangat sempurna dibandingkan saudara lainnya. Namun Jaka Seger harus menepati janjinya dengan menyerahkan Jaya Kusuma kepada Yang Kuasa. Akhir kisahnya mengenai keinginan Jaya Kusuma agar ada sesaji yang dimasukkan ke kawah Bromo dalam Upacara Kesodo. 

“Komik ini bisa dilihat dan diinstal dalam handphone android. “Motion comic ini saya bikin dengan target remaja usia 16-18 tahun. Hanphone-nya harus diinstal adobe air dulu sebagai plug in player,” ujar Rudhi, Rabu (25/2/2015). Untuk bisa menginstal ini, hanphone android harus memiliki RAM minimal 1 giga, prosesor 1,6 giga Hz, serta space memory 60 mega. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video