Tanggapi Imbauan MUI Salat Idul Fitri 1442 H di Rumah, DMI Gresik: Tunggu Instruksi Pusat

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Minggu, 25 April 2021 16:36 WIB

Zainal Abidin, Ketua DMI Kabupaten Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar masyarakat muslim melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H tahun 2021 di rumah untuk menghindari sebaran Covid-19, direspons Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik.

Ketua DMI Kabupaten Gresik Zainal Abidin menyatakan, pihaknya belum mengambil sikap atas imbauan yang dikeluarkan MUI tersebut. Menurut Zainal, DMI Gresik belum mengeluarkan instruksi kepada penanggung jawab masjid di Kabupaten Gresik, terkait pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 H.

"Kami menunggu (instruksi) DMI Pusat. Nantinya, DMI Pusat instruksikan apapun terkait salat Idul Fitri, kami akan tindaklanjuti," jelasnya.

Zainal mengungkapkan, sejumlah ormas sudah menyatakan siap mendukung imbauan MUI, agar masyarakat muslim melaksanakan salat Idul Fitri di rumah.

"Organisasi seperti Muhammadiyah juga telah memberikan respons imbauan MUI tersebut, dan mendukung. Namun, DMI Gresik lagi-lagi saya katakan masih menunggu instruksi organisasi vertikal kami (DMI Pusat)," terangnya.

DMI Gresik sendiri, kata Zainal, dalam situasi pandemi Covid-19 ini tetap mengizinkan masyarakat muslim untuk melaksanakan salat tarawih berjamaah, baik di langgar, musala, maupun masjid dengan berjamaah.

Namun, jamaah salat tarawih tersebut tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. "Alhamdulillah, jamaah-jamaah salat tarawih di Gresik selama Ramadan ini tetap menjalankan prokes Covid-19," bebernya.

Sekadar diketahui, imbauan agar umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri 1442 tahun 2021 di rumah disampaikan Sekjen MUI Amirsyah Tambunan melalui siaran video di channel YouTube BNPB pada Jumat (23/4/2021) lalu.

"Hal ini semata-mata untuk mencegah penularan Covid-19. Selain itu, silaturahmi Hari Raya Idul Fitri bisa dilakukan dengan cara virtual," kata Amirsyah. (hud/rev)