3 Tips Dalam Memilih Bibit Durian Musang King Kualitas Terbaik dan Ciri Fisiknya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

3 Tips Dalam Memilih Bibit Durian Musang King Kualitas Terbaik dan Ciri Fisiknya

Editor: Redaksi
Senin, 12 April 2021 15:34 WIB

foto: detikFood

BANGSAONLINE.com - saat ini telah menjadi buah primadona sebagian orang. Bahkan tidak sedikit orang rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk satu durian saja. Terlebih durian jenis musang king yang terkenal dengan daging buahnya yang sangat tebal dibandingkan dengan durian yang lain.

Selain itu, ini memiliki rasa manis dan juga legit ketika digigit. Rasanya pun sangat lezat, dagingnya tebal, memiliki biji yang kecil ditambah aromanya yang khas. Memang pantas dijuluki raja buah. musang king ini berasal dari negara Malaysia.

Akan tetapi, sekarang durian dengan jenis musang king ini sudah masuk ke berbagai negara di Asia dan salah satunya adalah Indonesia. Umumnya, tanaman pada buah durian ini tumbuh dan juga berbuah kisaran tahun 2 - 5 tahun masa tanam. Selanjutnya, tergantung cara memelihara dan juga tergantung pada pemilihan jenis bibit.

Dalam memilih bibit haruslah dengan kualitas yang terbaik, agar bisa menghasilkan buah yang lezat, tebal, dan juga sesuai dengan harapan kita. Akan tetapi, untuk menghasilkan buah yang berkualitas baik, juga didukung oleh lainnya seperti media tanam, perawatan, dan pemeliharaan yang baik dan benar. Nah, di bawah ini ada beberapa cara untuk memilih bibit yang berkualitas baik.

Pilih Batang Bibit yang Lurus

Cara pertama untuk memilih bibit adalah memperhatikan bobot dengan bentuk batang yang lurus atau tidak. Kenapa? karena bibit dengan batang yang lurus, tandanya tanaman tersebut sudah siap dan berkualitas baik untuk ditanam. Selain itu juga, akan lebih mudah ketika kita akan menyemai batang tersebut.

Dengan kita memilih bibit yang memiliki batang lurus, maka pertumbuhan pohonnya juga akan menjadi lebih baik dan maksimal. Kenapa? karena batang ini memiliki fungsi sebagai saluran nutrisi ke seluruh bagian dari pohon durian tersebut.

Memilih Bibit Asli

Banyak sekali orang yang belum bisa memilih bibit yang asli, alhasil masih banyak orang yang tertipu saat membeli bibit . Setelah bibit tersebut tumbuh menjadi sebuah tanaman dan menghasilkan buah, tapi ternyata bukan jenis buah . Nah, maka dari itu pilihlah bibit yang asli.

Bibit buah biasanya memiliki ciri dari bentuk daunnya yang lonjong panjang dan sedikit agak meruncing. Berbeda dengan jenis yang lainnya, yang memiliki bentuk daun bundar.

Selain dari daun juga, kita bisa membedakan bibit atau bukan adalah dari warnanya. Bibit memiliki daun yang berwarna hijau kekuningan. Sedangkan untuk jenis durian yang lain itu memiliki warna hijau.

Cek Ketinggian Bibit

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video