Rilis Video Musik "Damar Kurung", Onomastika Abadikan Momen Padusan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Rilis Video Musik "Damar Kurung", Onomastika Abadikan Momen Padusan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Tim
Minggu, 11 April 2021 04:16 WIB

Cuplikan adegan dalam video musik "Damar Kurung". (foto: dok.onomastika)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menyambut Bulan Suci Ramadan Tahun 2021, Onomastika dan berkolaborasi kembali dengan membuat video musik lagu --lagu pertama yang ditulis menggunakan bahasa Jawa--yang dirilis di YouTube , Jumat (10/4/2021). Sebelumnya, sudah ada dua video musik Onomastika yang digarap bersama rumah produksi asal Gresik yang bergerak di bidang audio visual tersebut, yaitu lagu Hujan Pertama dan Hening.

merupakan salah satu ikon budaya Kabupaten Gresik yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada tahun 2017. Hal itu tak lepas dari peran Mbah Masmundari, seorang maestro yang berhasil mengilustrasikan kebudayaan masyarakat Gresik dalam lukisan dua dimensi yang salah satunya adalah tradisi padusan.

Umumnya, padusan dikenal sebagai tradisi penyucian diri masyarakat Jawa jelang Ramadan. Namun di Gresik, padusan lebih dikenal sebagai ziarah ke makam keluarga atau kerabat dekat menjelang Ramadan serta beberapa hari sebelum lebaran.

"Secara visual ingin menunjukkan bahwa mampu merangkum berbagai cerita dan tradisi pesisir Gresik. Meminjam salah satu dari konsepnya, yang kami visualkan adalah tradisi padusan," kata Ananda Shandy, Founder yang juga menyutradarai video musik tersebut.

Di tengah keramaian masyarakat yang berbondong-bondong ziarah ke makam, kelompok musik yang turut terjun langsung dalam proses penggarapan video musiknya ini merasa ada orang-orang yang tidak mendapat kesempatan mengunjungi makam bersama kerabat atau keluarga karena merantau atau memang sebatang kara.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video