Terancam Ambrol Akibat Gerusan Air Sungai, Siswa SD di Nganjuk Diungsikan ke Balai Dusun | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terancam Ambrol Akibat Gerusan Air Sungai, Siswa SD di Nganjuk Diungsikan ke Balai Dusun

Editor: Revol
Wartawan: Soewandito
Jumat, 20 Februari 2015 18:03 WIB

Kondisi bangunan SDN Banaran Kulon III menggantung akibat erosi oleh sungai Dawuhan. (Soewandito/BangsaOnline.com)

NGANJUK (BangsaOnline) - Memprihatinkan, kondisi itulah yang tepat untuk menggambarkan SDN Banaran Kulon III yang berlokasi di Dusun Tempuran, Desa Banaran Kulon, Kecamatan Bagor. Selain membahayakan siswa sekolah, kondisi pondasinya juga menggantung akibat gerusan air sungai yang berada di belakang sekolahan. Akibat gerusan Sungai Dawuhan tersebut kondisi tembok juga terlihat miring.

Beberapa bagian terlihat retak-retak. Diperkirakan, kondisi pondasi bangunan yang sudah menggantung menyebabkan ruang kelas lainnya ikut retak. Termasuk beberapa keramik yang sudah menjadi pecah pecah.

Pihak sekolahan sendiri telah mengajukan proposal permohonan untuk mengatasi masalah ini, tetapi hingga saat ini belum ada penanganan serius dari instansi terkait.

Melihat kondisinya yang sudah mengkhawatirkan, pihak sekolah akhirnya mengambil tindakan dengan memindahkan 47 siswa yang setiap hari menempati ruang kelas 4 dan 5 ke balai dusun setempat agar tetap bisa mengikuti pelajaran dengan tenang.

“Takut kalau sewaktu-waktu bangunan ambrol, mulai besok anak-anak sudah kami pindahkan sementara sambil menunggu ada perhatian dari pemerintah untuk diperbaiki,” ungkap Supardi, salah satu guru.

Menurut guru pendidikan agama Islam itu, sebenarnya kondisi bangunan sudah lama terancam oleh tebing sungai yang terus ambrol. Seingat dia, tebing mulai ambrol sejak tiga tahun lalu. Hanya waktu itu kondisinya tidak begitu mengkawatirkan, pasalnya masih ada sisa tebing sekitar 2 meter dari batas pondasi bangunan. Namun, sekitar seminggu terakhir, kondisi tebing sungai sudah benar-benar mepet pondasi hingga terlihat menggantung.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   sekolah rusak

Berita Terkait

Bangsaonline Video