Ini Taksir Kerugian Terbakarnya Kilang Pertamina Balongan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Taksir Kerugian Terbakarnya Kilang Pertamina Balongan

Editor: MMA
Rabu, 31 Maret 2021 19:41 WIB

Kilang minyak milik PT Pertamina di Balongan Indramayu Jawa Barat yang terbakar, Senin (29/3/2021) dini hari. Foto: liputan6.com/BPBD Indramayu)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Kilang minyak Pertamina yang berada di Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat terbakar dan meledak, Senin (29/3/2021) dini hari. Kilang minyak ini beroperasi sejak 1994 dan merupakan salah satu kilang minyak terbesar di Asia Tenggara ini.

Berapa kerugian akibat kebakaran itu? Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mencatat, kerugian yang dialami Pertamina akibat terbakarnya Kilang Balongan cukup besar. "Angka pasti saya enggak bisa jawab, karena saya enggak punya datanya. Perkiraan bisa ratusan miliar, tapi angka pasti saya nggak bisa jawab," kata Fabby dikutip okezone.com, Rabu (31/3/2021)

Hitungan Fabby didasari pada jenis-jenis kerugian yang dialami Pertamina. Pertama, distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berhenti sementara. Pemberhentian produksi sendiri disebabkan empat tangki penyimpanan BBM dilalap api seperti, tangki T-301, -301G, T301-F, dan T-301E. Secara keseluruhan ada 72 tangki di Kilang Balongan.

"Yang jelas, kalau kita menghitung kerugiannya itu, satu, kerugian akibat minyak yang terbakar. Kan itu ada empat tangki ya, yang terbakar. Ada tangki yang terbakar, maka di situ ada minyak yang siap untuk di jual atau didistribusikan. Satu kerugiannya itu," katanya.

Kedua, kerugian infrastruktur. Usai kebakaran itu, perseroan negara harus menggelontorkan dana untuk pembagunan kembali empat tangki dan peralatan pendukung lain.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video