Mobil Dinas BLH Sidoarjo Dibakar

Editor: Revol
Wartawan: Nanang Ichwan
Sabtu, 14 Februari 2015 00:07 WIB

LUDES: Kondisi mobdin pejabat BLH Sidoarjo usai dibakar. (Nanang Ichwan/BangsaOnline.com)

SIDOARJO (BangsaOnline) - Mobil dinas (mobdin) jenis Toyota Innova warna hitam Nopol W-376-NP yang menjadi fasilitas pejabat eselon II di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sidoarjo dibakar oleh orang tak dikenal saat di parkir di depan rumah warga non PNS di Perumahan Kemiri Indah Blok C VI No. 2 Kecamatan Sidoarjo, Jumat (13/02)

Polres Sidoarjo masih melakukan penyelidikian untuk memastikan apakah mobil tersebut terbakar atau sengaja dibakar. Kondisi mobil plat merah tersebut hangus terbakar hampir 100 persen.

Pemilik atau yang biasa memakai mobil dinas tersebut, tinggal di rumah blok C6/1 Kemiri Indah. Warga juga ada yang mengatakan pemilik mobil itu, rekan bisnis Maria, sekarang berada di Jakarta dan segera kembali ke Sidoarjo.

Namun, desas desus yang beredar, mobil milik Negara tersebut diduga dibakar oleh S yang dulu pernah menikah siri dengan Maria, warga Kemiri Indah yang dititipi atau membawa mobil tersebut. Pe,bakaran mobil tersebut diduga karena pelaku terbakar cemburu atau perasan cinta S masih bergelora kepada Maria.

"Katanya, Ibu Maria hanya dititipi oleh pejabat yang memegang mobil itu, karena ada kepentingan dinas ke Jakarta," ujar salah satu warga Kemiri Indah yang tak mau disebut namanya.

Menurut salah satu saksi, Ade (36) kepada wartawan mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

“Saat itu kami sedang berada di dalam rumah bersama teman saya. Tiba-tiba kami mendengar suara mobil berbunyi serta ada api di luar. Setelah saya lihat di luar ternyata mobil ini yang terbakar,” jelasnya.

Melihat kejadian itu, Ade bersama temannya, Pramono, langsung memadamkan api dengan menggunakan air, pasir dan alat seadanya.

“Saya tidak mengetahui persis siapa yang membakarnya. Yang jelas kami padamkan api itu supaya api tidak merembet ke rumah warga,” imbuhnya.

Sementara itu menurut Munir (27) penjaga rumah, mengaku tidak mengetahui persis kejadian itu. Sebab malam harinya dia pergi ke rumah pamannya di Tanggulangin.

“Hampir Setiap malam saya melihat mobil itu di parkir di rumah warga Blok C VI No. 1. Entah kenapa malam itu di parkir disini. Dan sebelumnya mobil itu dipakai untuk mengantarkan seseorang ke Bandara Juanda. Namun ketika mobil itu ditaruh disini. Saya tidak berada di rumah,” katanya.

Belum diketahui jelas, untuk keperluan apa mobil dinas itu berada di rumah orang swasta. Dan sejauh ini hubungan antara pemegang mobil dinas dan yang dititipi, belum diketahui jelas. Termasuk motif kasus ini, masih belum diketahui jelas dan masih diselidiki oleh SatReskrim Polres Sidoarjo.

Kepala BLH Sidoarjo Siswoyo kepada wartawan menyatakan, pihaknya belum mengetahui persis kejadian mobil dinas tesrebut dibakar. Namun, diakuinya mobdin Innova Nopol W-376-NP warna hitam itu, dipakai salah satu anak buahnya bernama Drs H Nanang Santoso MM, yang juga pernah menjabat Camat Jabon.

“Saat ini, Nanang masih ke Jakarta. Untuk lebih lanjutnya kami juga masih mencari informasi dibalik kejadian itu dan siapa yang membakar mobil tersebut,” tandasnya.