​Gus AMI Berpotensi Maju Pilpres 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Gus AMI Berpotensi Maju Pilpres 2024

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Jumat, 29 Januari 2021 21:34 WIB

Baihaki Siradj, Direktur Eksekutif ARCI. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejumlah nama tokoh nasional maupun kepala daerah sudah mulai dijagokan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2024. Nama-nama mereka selalu muncul di setiap survei mau pun polling yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei.

Baihaki Siradj, Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) tidak memungkiri adanya sejumlah nama yang telah beredar. Di antaranya, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Uno, Puan Maharani, AHY, Abdul (Gus AMI) hingga Jusuf Kalla yang namanya belakangan muncul lagi di bursa pilpres.

"Sejumlah nama itu memang memiliki elektabilitas tinggi saat ini. Tapi maju pilpres itu tak cukup dengan modal elektabilitas, perlu tiket dari partai sebagai kendaraan politik. Saya kira yang tiketnya sudah aman baru Prabowo Subianto dan Gus AMI. Mereka tak hanya ketua umum partai, tapi penentu arah kebijakan partai," urai Baihaki, Jumat (29/1/2021).

Baihaki menyebut nama Abdul atau Gus AMI berpotensi maju dalam Pilpres 2024. Menurutnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu punya modal suara yang signifikan yang bisa menjadi alat tawar untuk menggalang koalisi.

Baihaki menyebut suara PKB pada Pemilu 2019 adalah 13.570.097 suara, atau 9,69 persen. Jumlah itu hampir separuh dari syarat Parliamentary Treshold (PT) yakni 20 persen jumlah kursi di parlemen (DPR RI).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video