Hadiri Pleno Penetapan Gus Yani - Bu Min, Pasangan Qosim - Alif Ucapkan Selamat

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Jumat, 22 Januari 2021 17:48 WIB

KPU Gresik bersama Paslon Gus Yani - Bu Min dan Qosim - Alif usai penetapan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - KPU Gresik dipimpin Ketua Akhmad Roni menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada Gresik 2020, di Hotel Aston, Jumat (22/1/2021).

KPU menetapkan dan memutuskan Paslon Nomor 2 Fandi Akhmad Yani - Aminatun Habibah sebagai paslon terpilih dengan perolehan sebanyak 369.844 suara atau 50,98 persen.

Keputusan KPU Gresik tertuang dalam No: 02/HK.03.1-KPt/3525/KPU-Kab/1/2021 tentang penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gresik 2020. Serta berdasarkan Surat Dinas KPU RI No 60/PL.027-SD/03/KPU/1/2021. 

Roni menyatakan, penetapan tersebut digelar setelah KPU Gresik menerima Buku Registrasi Perkara Konstutusi (BRPK) Mahkamah Konstitusi (MK) lewat KPU RI.

Pada kesempatan itu, Roni juga menyatakan bahwa pelaksanaan Pilkada Gresik 2020 yang tahapannya dimulai pada Januari 2020 berjalan dengan baik. "Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas suksesnya Pilkada Gresik 2020," kata Roni.

Roni juga mengapresiasi kehadiran Paslon No. 1 Moh. Qosim - Asluchul Alif (QA), dan Paslon No. 2 Fandi Akhmad Yani - Aminatun Habibah (Niat) pada rapat pleno penetapan. "Mungkin hanya di Gresik semua paslon hadir saat penetapan. Kami sangat mengapresiasi," terangnya.

Pada kesempatan itu, Roni juga mempersilakan pasangan QA dan Niat untuk memberikan sambutan secara bergantian. Qosim didampingi Alif yang kebagian sambutan pertama. Dalam sambutannya, ia mengucapkan selamat atas ditetapkannya Gus Yani-Bu Min sebagai Paslon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih hasil Pilkada Gresik 2020. 

"Saya ucapkan selamat atas ditetapkannya Mas Fandi Akhmad Yani - Aminatun Habibah sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Saya ucapkan selamat Gus Yani - Bu Min yang telah mendapatkan amanat masyarakat Gresik. Niat telah dipilih Allah SWT memimpin 1.350 juta masyarakat Gresik," ujarnya.

Dia juga berterima kasih kepada para tim relawan QA atas perjuangannya. "Mudah-mudahan dibalas oleh Allah. Saya minta maaf jika ada salah," katanya.

Qosim menyatakan, Pilkada Gresik 2020 sudah selasai, sehingga tak ada lagi kubu QA dan Niat. "Yang ada hanya warga Gresik untk kebaikan Kabupaten Gresik. Saya mengimbau kepada semua pendukung QA untuk doa restunya terhadap Gus Yani - Bu Min. Itu perintah agama, taat kepada pemimpin. Saya ucapkan selamat bekerja," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Qosim juga mengajak semua masyarakat mendoakan Bupati Sambari yang tengah isolasi karena positif Covid-19. 

Sementara Gus Yani didampingi Bu Min mengatakan kemenangannya dalam pilkada merupakan kehendak Allah. "Mudah-mudahan Gresik makin berkah dilindungi dan mendapatkan perlindungan Allah SWT," ujar Gus Yani. 

Gus Yani juga mengajak pasangan Qosim dan Alif untuk tetap membantu pembangunan, karena membangun Gresik butuh kolaborasi. "Ke depan hanya kolaborasi untuk mewujudkan Gresik Baru. Kami mengajak Pak Qosim - Alif untuk sama-sama bareng berkolaborasi untuk perubahan Gresik Baru," pungkasnya. (hud/ian)