​Status Kembali Naik Jadi Waspada, PVMBG Terus Lakukan Pemantauan Intensif Gunung Raung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Status Kembali Naik Jadi Waspada, PVMBG Terus Lakukan Pemantauan Intensif Gunung Raung

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herry W. Sulaksono
Jumat, 22 Januari 2021 15:30 WIB

Gunung Raung. (foto: ist)

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Status kembali naik dari normal (level I) menjadi waspada (level II) sejak Kamis (21/1/2021) kemarin. Ini berdasarkan rilis dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 16.Lap/GL.05/BVG/2021.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala Badan Geologi, Kepala Pusat Vulkaologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani tersebut, hasil evaluasi dan pemantauan visual dan instrumental menunjukan adanya gejala kenaikan aktivitas. Maka, tingkat aktivitas vulkanik dinaikkan dari level I (normal) menjadi level II (waspada).

"Hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukan adanya gejala kenaikan aktivitas, maka tingkat aktivitas vulkanik dinaikkan dari level I (normal) menjadi level II (waspada), terhitung tanggal 21 Januari 2021 pukul 13:00 WIB," kata Kasbani.

Dalam surat tersebut, menurut Kasbani, pemantauan secara intensif akan terus dilakukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk antisipasi adanya kenaikan kegiatan yang lebih signifikan.

Selain itu, lanjut Kasbani, dalam tingkat aktivitas level II (waspada) direkomendasikan agar masyarakat, pengunjung, wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 km dari kawah atau puncak.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video