Manfaatkan Peluang Bisnis, ​Seorang Pemusik di Kediri Beralih Profesi sebagai Pembuat Anyaman Bambu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Manfaatkan Peluang Bisnis, ​Seorang Pemusik di Kediri Beralih Profesi sebagai Pembuat Anyaman Bambu

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 13 Januari 2021 10:53 WIB

Sutikno dan produk anyaman bambunya. (foto: kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 hampir memukul semua aspek kehidupan. Semua lapisan masyarakat merasakan dampak pandemi tersebut, termasuk para pekerja seni. Akibatnya, banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian.

Salah satunya Sutikno, Warga Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Sebelum adanya pandemi, dia merupakan seorang gitaris salah satu orkes di wilayah tempat tinggalnya. Namun kini akibat Covid-19, job manggungnya hampir tak pernah ada.

Agar tetap bisa memenuhi kebutuhan rumah tangganya, Sutikno harus pandai melihat peluang bisnis di era pandemi. Dengan memanfaatkan jawa serta apus yang sangat melimpah, dia menyulap barang tersebut menjadi aneka macam handicraft yang menarik, namun tetap menonjolkan kesan tradisional.

Berkat keterampilan yang didapat secara otodidak serta dengan keahlian menganyam , berbagai produk berhasil dia buat. Antara lain tempat tisu, tempat air mineral kecil, lampu gantung, lampu duduk, lampu tempel, rantang isi 2 dan 3, serta nampan.

Sutikno mengatakan, produk buatannya ini bisa bersaing dengan berbagai produk lain di pasaran karena unggul dari segi kualitas dan kuantitas, seperti dari segi kerapian dan kehalusan bahan dasar, karena dikerjakan dengan penuh ketelitian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video