Pemkot Surabaya Bakal Terima 33.420 Vaksin Covid-19 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkot Surabaya Bakal Terima 33.420 Vaksin Covid-19

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Selasa, 12 Januari 2021 20:30 WIB

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat mengikuti rapat persiapan vaksinasi Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi Jatim secara virtual. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana memastikan Kota Pahlawan sudah siap melakukan vaksinasi Covid-19. Dia menyebutkan, rencananya vaksinasi ini akan digelar secara simbolis di Halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya, Jumat (15/1/2021) mendatang.

Plt. Wali Kota Surabaya saat mengikuti rapat persiapan vaksinasi Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi Jatim secara virtual mengatakan bahwa semua sudah dilakukan mulai dari tenaga vaksinator hingga menyiapkan cold room yang diletakkan di Gudang Farmasi Dinkes Surabaya, Jalan Kalirungkut.

“Untuk kapasitasnya sebenarnya mampu menampung 20 ribu. Tetapi yang 10 ribunya digunakan untuk menyimpan reagen swab,” kata Plt. Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana seusai rapat, Selasa (12/1/2021).

Selain itu, dia menjelaskan bahwa sudah menyiapkan cold room yang baru di lokasi yang sama. Tidak hanya itu, untuk kapasitasnya dipastikan lebih besar, yakni mencapai 50 ribu. Namun begitu, dia berharap dalam minggu ini cold room yang baru sudah dapat digunakan. “Mudah-mudahan dalam minggu ini sudah bisa digunakan,” urainya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima 33.420 vaksin dan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes) dengan jumlah 33.027 nakes. Dia meminta tambahan sekitar 8.000 vaksin untuk tenaga lainnya seperti jajaran Polri, TNI, Linmas, Satpol PP, karyawan PT KAI Daop VIII, pegawai pelabuhan, dan juga PDAM.

Berikutnya, Whisnu memaparkan jumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang disediakan pemkot, yakni total sebanyak 109 fasyankes. Dari 109 fasyankes itu, terdiri dari 63 puskesmas dan 46 rumah sakit yang telah dipastikan memenuhi syarat sebagai pos vaksinasi Covid-19.

“Seluruh fasyankes pelaksana vaksinasi telah melakukan aktivasi aplikasi P-Care Vaksinasi yang digunakan dalam pelayanan kegiatan tersebut,” urainya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video