Begini Cara Pengusaha Tahu di Jombang Sikapi Naiknya Harga Kedelai Impor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Begini Cara Pengusaha Tahu di Jombang Sikapi Naiknya Harga Kedelai Impor

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrulloh
Selasa, 05 Januari 2021 16:03 WIB

Pabrik pembuatan tahu milik Siti Aminah.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Semakin meningkatnya harga impor sejak dua pekan terakhir, tahu di Jombang, Jawa Timur mengeluh dan terpaksa harus memutar otak agar usahanya tidak gulung tikar.

Hal itu seperti yang dilakukan Siti Aminah (71), tahu asal Desa Plandi, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Dirinya terpaksa memperkecil potongan tahu yang akan dipasarkan agar tetap bertahan dan tidak rugi.

“Sejak ada kenaikan harga ini, ya terpaksa kita buat irisan lebih kecil dari biasanya agar tidak rugi,” ujarnya saat ditemui wartawan di tempat usahanya, Selasa (05/01/21).

Dijelaskan, sebelumnya setiap kali proses masak, Aminah mampu membuat 45 potongan tahu. Namun sejak harga mencapai Rp 9.000, terpaksa diiris lebih kecil menjadi 48-50 buah.

“Sekarang labanya jadi sedikit, Biasanya diiris 45 jadi 48, yang 40 jadi 42, itu harga seribu per potong, yang 48 buah iku Rp 2.500 dapat 3 buah ke bakul (penjual), kalau ke pengecer ya seribu,” terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pengusaha kedelai tempe

Berita Terkait

Bangsaonline Video