Kawasan Hutan Pegunungan Wilis dalam Kondisi Kritis, Perkawis Rencanakan Gelar Aksi Konservasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kawasan Hutan Pegunungan Wilis dalam Kondisi Kritis, Perkawis Rencanakan Gelar Aksi Konservasi

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 28 Desember 2020 16:46 WIB

Peta warna merah adalah hutan dalam kondisi kritis. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kawasan hutan di Pegunungan Wilis kini berada dalam kondisi kritis. Hal tersebut diungkapkan oleh Tofan Ardi, Ketua Umum Pelestari Kawasan Wilis (Perkawis) Tunggal Rogo Mandiri (Tulungagung, Nganjuk, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, dan ).

Ia mengatakan bahwa kelestarian kawasan Wilis merupakan tanggung jawab bersama sebagai bagian dari perubahan untuk mengembalikan Wilis menjadi Benteng Ketahanan Ekologi, Benteng Ketahanan Bencana, dan Benteng Ketahanan Ekonomi.

Berdasarkan peta yang diolah menggunakan software Qgis mengacu pada data Kementerian LHK tentang kondisi kritis dan hasil overlay memakai teknik polygon, Tofan mengungkapkan, kondisi hutan di wilayah , Tulungagung, Madiun, dan Trenggalek berada dalam kondisi kritis.

Menurut Tofan, kawasan hutan kritis di Pegunungan Wilis mencapai 15.733 ha dan tersebar di 6 kabupaten, yakni Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, Madiun, Nganjuk, dan .

Di , lanjut Tofan, luasan lahan kritis saat ini mencapai 5.392 ha dan tersebar di empat kecamatan, yakni Semen, Tarokan, Grogol, dan Mojo.

"Luas areal hutan rusak di Kecamatan Grogol bahkan mencapai 2.357 ha. Hal ini tentu menjadi permasalahan serius bagi pemerintah maupun masyarakat. Sebab, jika hujan, berpotensi longsor dan jika kemarau berpotensi kekeringan, sebab hutan tak lagi berfungsi sebagai zona tangkapan air," ujar Tofan, Senin (28/12/2020).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kediri Gunung Wilis

Berita Terkait

Bangsaonline Video