​Lantik Pergunu Banda Aceh, Kiai Asep Beber 7 Kunci Sukses Belajar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Lantik Pergunu Banda Aceh, Kiai Asep Beber 7 Kunci Sukses Belajar

Editor: Tim
Minggu, 27 Desember 2020 18:53 WIB

Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. (kanan) dan Dr. Saifullah Idris (kiri). foto: mma/ bangsaonline.com

BANDA ACEH, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. melantik Pengurus Cabang Pergunu Banda Aceh di Balai Kota Banda Aceh, Jumat (26/12/2020). Pelantikan itu dihadiri Pj. Sekkota Banda Aceh Muzakkir mewakili Wali Kota Aceh yang berhalangan hadir.

Yang menarik, usai Kiai Asep menyampaikan pemaparan tentang pendidikan, beberapa peserta bertanya, bagaimana cara dan kiat agar sukses mendirikan pondok pesantren seperti Kiai Asep Saifuddin Chalim.

“Agar kami di Aceh bisa meniru kiat-kiat untuk mendirikan lembaga pendidikan atau pondok pesantren. Sebab hari ini banyak tokoh yang hadir,” kata seorang peserta.

Kiai Asep yang sukses mendirikan Pondok Amanatul Ummah langsung menjawab, bahwa kiatnya adalah memilki cita-cita tinggi untuk mempunyai sekolah terbaik. “Sebab Allah sangat suka pada orang yang punya cita-cita tinggi dan tidak suka pada orang yang bercita-cita rendah,” kata Kiai Asep yang kini memiliki 10.000 santri.

Kiai Asep mengakui bahwa dirinya sempat malu punya cita-cita tinggi karena saat itu tak sesuai dengan kondisi dirinya. Tapi setelah ia menemukan Hadits bahwa Allah sangat suka pada manusia yang punya cita-cita tinggi dan tidak suka pada manusia bercita-cita rendah, akhirnya ia percaya diri dan merasa memiliki pegangan dalam mengembangkan pendidikan.

“Kita harus berupaya keras dan tawakkal kepada Allah,” kata kiai miliarder yang dermawan itu. Menurut Kiai Asep, suksesnya cita-cita itu adalah ketentuan Allah SWT. 

“Allah yang memastikan dan mengegolkan cita-cita kita,” katanya.

Karena itu Kiai Asep minta semua peserta acara pelantikan Pergunu Banda Aceh aktif salat malam. Sebab salat malam, tutur Kiai Asep, bisa jadi kendaraan kita untuk meraih cita-cita. “Saya menemukan salat malam minaddu’a alladzi la yuraddu, yaitu doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT dalam kitab Ihya Ulumiddin di bab an-Nawafil,” kata Kiai Asep.

Kiai Asep kemudian mengungkap 7 kunci sukses dalam belajar. “Pertama, murid yang berkesungguhan dalam belajar,” kata Kiai Asep.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video