Adem Ayem, Dua Paslon Rival Pilkada Kota Blitar Dipertemukan dalam Satu Acara

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Jumat, 18 Desember 2020 19:19 WIB

Suasana adem ayem tampak dalam kegiatan silaturahmi yang digelar Polres Blitar Kota, Jumat (18/12/2020). (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Suasana adem ayem tampak dalam kegiatan silaturahmi yang digelar Polres Blitar Kota, Jumat (18/12/2020). Kegiatan bertajuk "Silaturahmi Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Pascapilkada 2020" tersebut mempertemukan dua pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Blitar yang sempat menjadi rival dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020 lalu.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela mengatakan, pascapungut suara pihaknya menginisiasi silaturahmi antara paslon dan parpol pengusung maupun pendukung. Hal ini dilakukan untuk kembali mempererat silaturahmi persatuan dan kesatuan.

"Pilkada sudah usai tahapan intinya, sehingga kita perlu kembali merajut kebersamaan, dan ini momen pertama kedua paslon bertemu usai pungut suara. Kami sangat mengapresiasi kedua pasangan calon hadir. Dan kita patut berbangga kepada kedua paslon karena seperti kita lihat suasananya tadi benar-benar adem, keduanya saling berinteraksi tanpa ada ketegangan," ujar Kapolres Blitar Kota.

Hal ini diharapkan akan membawa energi positif bagi Kota Blitar. Pihaknya optimis ke depan Kota Blitar mampu menghadapi tantangan termasuk Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, dan persoalan sosial lainnya.

"Mari tinggalkan 01 dan 02 kita bergandengan tangan membangun Kota Blitar lebih baik lagi," tegasnya.

Indikator keberhasilan pilkada adalah partisipasi masyarakat, situasi kamtibmas, dan pelaksanaannya sehat sudah terwujud di Kota Blitar.

"Partisipasi kita melebihi target nasional. Kemudian tidak ada kejadian yang mengganggu keamanan dan protokol kesehatan dilaksanakan semua. Tiga indikator ini berhasil dilaksanakan," paparnya.

Untuk diketahui, ada dua pasangan calon di Pilwali Blitar 2020. Yaitu, Pasangan Calon Nomor Urut 1 Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto dan Pasangan Calon Nomor Urut 2 Santoso-Tjutjuk Sunario.

Pasangan Henry-Yasin diusung koalisi PKB, Partai Golkar, dan PKS, sedangkan Pasangan Santoso-Tjutjuk diusung koalisi PDI, Partai Gerindra, PPP, Partai Demokrat, dan Partai Hanura.

Paslon Petahana Santoso-Tjujuk Sunario dinyatakan sebagai pemenang dalam kontestasi Pilwali Blitar 2020. (ina/zar)