Terus Tingkatkan Mutu Genetik, Pasuruan Diharap Jadi Wilayah Pembibitan Sapi Perah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terus Tingkatkan Mutu Genetik, Pasuruan Diharap Jadi Wilayah Pembibitan Sapi Perah

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Habibi
Kamis, 10 Desember 2020 17:05 WIB

Salah satu peternakan sapi perah di Kabupaten Pasuruan. (foto: ist)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Produksi ternak sapi perah di Kabupaten Pasuruan tiap tahun mengalami peningkatan, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Hal ini tentu tak lepas dari upaya yang terus meningkatkan mutu genetik sapi perah.

Kabid Produksi Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, Ari Widodo menjelaskan, populasi sapi perah di Kabupaten Pasuruan cukup besar. Mereka tersebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Tutur, Nongkongjajar, Purwosari, Lekok, Grati, dan Nguling.

Selama ini, pihaknya mengaku terus berupaya untuk meningkatkan mutu genetik sapi perah masyarakat, di antaranya melalui uji zuriat.

"Uji zuriat merupakan pengujian untuk mengetahui potensi genetik produksi susu sapi calon pejantan melalui produksi susu anak betinanya (Daughter Cow/DC) dan dilakukan untuk menghasilkan bibit pejantan unggul yang cocok dengan kondisi agroklimat Indonesia," ujarnya, Kamis (10/12/2020).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video