Tangani Covid-19 di Malang Raya, Gubernur Khofifah Pastikan 10 Hari lagi RS Lapangan Beroperasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tangani Covid-19 di Malang Raya, Gubernur Khofifah Pastikan 10 Hari lagi RS Lapangan Beroperasi

Editor: MMA
Sabtu, 05 Desember 2020 20:37 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda meninjau Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) Kota Malang sebagai Rumah Sakit Lapangan Malang, Sabtu (5/12/2020). foto: ist/ bangsaonline.com

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim, Bupati/Wali Kota dan Forkopimda di Malang Raya gerak cepat menangani Covid-19 di Malang Raya. Mereka menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penanganan Covid-19 di Graha Wiyata Praja BPSDM Jatim, Malang, Sabtu (5/12),

Rakor ini dilaksanakan, terkait adanya peningkatan kasus Covid-19 akibat klaster keluarga, serta libur panjang yang berlangsung beberapa waktu lalu. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu memastikan Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) Kota Malang sebagai Rumah Sakit Lapangan Malang untuk pasien Covid-19 bisa segera beroperasi.

Rencananya, RS Lapangan yang ada di Jalan Ijen Kota Malang itu memiliki kapasitas 306 tempat tidur. Pada tahap awal, kapasitas untuk menampung pasien konfirmasi positif Covid-19 akan disiapkan sebanyak 100 bed. Setelah itu, kapasitas akan ditambah, hingga nantinya optimal.

Usai Rakor, Gubernur Jatim menyampaikan, persiapan pemerintah dalam penanganan Covid-19 sangat bergantung pada kekuatan pentahelix di dalamya. Di antaranya pemerintah, media, kampus/akademisi, masyarakat, dan private sector. Termasuk IDI dan Persi di dalamnya.

Untuk menangani Covid-19 di Malang Raya, lanjut , Pemprov Jatim sedang menyiapkan RS Lapangan di Polkesma. Harapannya, paling lambat sepuluh hari ke depan bisa digunakan untuk pasien ringan sampai sedang.

“Kita menyiapkan Rumah Sakit Darurat Lapangan di Polkesma. Dua hari yang lalu Bapak Kepala BNPB, Para Deputi, Pangdam, Kapolda, dan Sekda juga sudah melihat fisik RS Darurat Lapangan,” jelas orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

Menurut , penyiapan RS Darurat Lapangan Malang ini menjadi penting. Karena relaksasi rumah sakit harus dilakukan. Salah satu best practice-nya, yaitu RS Darurat Lapangan Indrapura Surabaya dengan 0 persen kematian bisa ditiru. Di Malang ini bisa mengikuti format di RS Lapangan Indrapura Surabaya.

“Alhamdulillah RS Lapangan di Surabaya sampai hari ini 0 persen kematian. Artinya efektivitas layanan RS Darurat Lapangan sudah teruji. Kita sudah punya best practice, role model, sehingga di Malang nanti bisa mengikuti format RS Darurat Lapangan seperti yang sudah dilakukan di Surabaya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur mengingatkan pentingnya maksimalisasi operasi yustisi di semua daerah di Jatim. Kedisiplinan menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan menjadi cara paling ampuh untuk bisa menekan penularan Covid-19.

"Tetaplah disiplin menggunakan masker, menjaga jarak yang aman, dan mencuci tangan. 3M ini tetap harus dijadikan satu kesatuan kita untuk bisa menurunkan bahkan menghentikan penyebaran Covid-19," tegas .

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto menyampaikan beberapa hal,  khususnya bagi Malang Raya karena ada Kota Batu yang saat ini dinyatakan zona merah. Kodam V Brawijaya akan mem-back up sepenuhnya Pemprov Jatim. Kodam V Brawijaya akan meningkatkan operasi penegakan protokol kesehatan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video