​Gunakan Power Supply PLN, Operasi Sukowati Field Lebih Efisien | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Gunakan Power Supply PLN, Operasi Sukowati Field Lebih Efisien

Editor: Tim
Wartawan: Gunawan Wihandono
Sabtu, 05 Desember 2020 16:32 WIB

Acara ngobrol tukar pikiran yang digelar PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field. foto: gunawan/ bangsaonline.com

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Asset 4 Sukowati Field berhasil melakukan efisiensi operasional dalam hal konversi Power Supply dari Diesel Engine Generator menjadi Power Supply dari PLN.

Program ini merupakan komitmen antara PT Asset 4 Sukowati Field dan PLN yang telah dilakukan sejak tahun lalu dan direncanakan terealisasi secara penuh sekitar pertengahan tahun depan. Melalui sistem kerja ABI (Pembangunan Power Plant Pad A dan Pad B menggunakan Diesel Rotary UPS System/DRUPS).

"Program ini juga merupakan salah satu Breakthrough Project PT Asset 4 dengan target penyelesaian pekerjaan di tahun 2021," ujar RAM Assistant Manager Asset 4 Sukowati Field, Moh Sidik Asngari, Sabtu (5/12/2020).

Fluktuasi harga minyak dunia, penurunan penjualan, dan fluktuasi nilai tukar rupiah atau Triple Shocks memiliki dampak terhadap industri hulu migas di Pertamina. Menghadapi itu, PT terus berupaya melakukan upaya optimalisasi kegiatan operasional untuk mencapai Program Efisiensi yang sedang digalakkan agar tetap bisa survive.

"Sebagai jantung penggerak operasi produksi, Sukowati Field Pad A dan B memiliki Power Plant. Fasilitas ini, membutuhkan daya masing-masing sekitar 400 kilowatt yang digunakan untuk mengoperasikan Water Injection Pump, ESP, dan Utilities lainnya," ucapnya.

Dengan adanya Konversi Power Supply dari Diesel Engine Generator ke PLN tersebut, dapat memicu penghematan biaya yang cukup signifikan dan dapat mengurangi cost per barrel di Sukowati Field.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video