​Berpusat di Lamongan, Presiden Pimpin Pelepasan Ekspor ke Pasar Global, Jatim Urutan Terbesar Kedua | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Berpusat di Lamongan, Presiden Pimpin Pelepasan Ekspor ke Pasar Global, Jatim Urutan Terbesar Kedua

Editor: MMA
Jumat, 04 Desember 2020 18:37 WIB

Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke Pasar Global dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual, Jumat (4/12/2020). Acara yang dihadiri Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lamongan M Fadli ini berpusat di PT Bumi Menara Internusa, Lamongan Jawa Timur. foto: ist/ bangsaonline.com

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Provinsi Jawa Timur mendapat kehormatan menjadi pusat pelaksanaan Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke Pasar Global yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual, Jumat (4/12/2020). Acara tersebut dihadiri Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa, dan Bupati M Fadli.

Kegiatan ini diikuti serentak oleh 16 Provinsi di 14 titik keberangkatan seluruh Indonesia secara hybrid dan berpusat di PT Bumi Menara Internusa, , secara offline. Sedangkan 13 titik lain yang mengikuti kegiatan ini yaitu Takengon, Medan, Pekanbaru, Bandar Lampung, Jabodetabek, Bandung, Semarang-Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Mataram, Samarinda, Makasar, Papua Barat, dan Manokwari mengikuti secara virtual.

Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa menyambut baik pelepasan ini sebagai upaya terus meningkatkan kinerja pada masa pandemi. Terlebih, dari total 16 provinsi yang juga mengirimkan komoditas , Provinsi Jatim menjadi provinsi di urutan kedua jumlah tir terbanyak.

"Saya mengapresiasi 133 tir yang pada hari ini telah melakukan pelepasan ke 24 negara. Ada 29 tir dari Jawa Timur yang turut serta pada kegiatan pelepasan hari ini, dua diantaranya merupakan IKM yang melakukan perdana," ungkap .

Komoditi asal Jawa Timur yang di kali ini yaitu Perhiasan Emas/perak, produk Perikanan dan Olahannya, Industri Kimia, Handicraft, Coklat dan Olahannya, Produk Aluminium, Kerupuk, Sukun Beku, Sorbitol, Produk Kayu, Tisu, Pupuk, dan Produk Kimia.

Dan terdapat pula produk yang juga di pertama kali dari Jawa Timur, yaitu adalah Cerutu dari Mojokerto, dan Tempat Tidur Sapi dari Lumajang. Produk-produk unggulan Jawa Timur tersebut di ke Jepang, Australia, Amerika Serikat, Uni Eropa, Korea, China, Malaysia, dan Dubai.

Gubernur mengatakan kegiatan pelepasan ini memacu bergeraknya perekonomian setelah menurun akibat pandemi, dengan nilai mencapai USD 1,64 miliar atau setara dengan Rp 23,75 triliun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video