Sandiaga Optimis Qosim-Alif Mampu Bangkitkan UMKM Gresik dan Dorong Milenial Jadi Entrepreneur

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Kamis, 03 Desember 2020 13:31 WIB

Pengusaha Sandiaga Uno saat webinar dengan Paslon Qosim-Alif soal UMKM. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pengusaha Nasional Sandiaga Uno meyakini Calon Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Moh. Qosim-Asluchul Alif (QA) memiliki komitmen untuk membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Gresik.

Mantan Wagub DKI Jakarta itu juga yakin Qosim-Alif mampu mendorong para milenial (pemuda) menjadi wirausahawan muda. Sebab, paparan visi misi dan program kerja QA dinilai visioner. Hal itu disampaikan dalam diskusi daring via zoom bersama Paslon QA dan Tokoh Pengusaha Muda Nasional, Rabu (2/12/2020).

Dalam diskusi yang dimoderatori pengusaha muda Gresik Septrianto Maulana, Bang Sandi sapaan akrabnya, memberikan motivasi dan tips-tips kepada peserta webinar agar sukses dalam menjalankan bisnis.

Bang Sandi turut mendoakan Qosim dan Mas Alif agar terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Gresik, karena menurutnya Qosim dan Mas Alif punya kapasitas untuk membawa kemajuan Kabupaten Gresik dalam semua aspek.

"Saya yakin anak muda di Gresik adalah generasi yang optimis, berakhlak mulia, dan punya semangat yang tinggi. Karena saya sudah pernah berkunjung dan berdiskusi langsung dengan anak muda di Gresik," ungkap Bang Sandi.

Menurut dia, syarat untuk sukses dalam berusaha, pemuda harus menjalankan usahanya dengan ikhlas, cerdas, dan tuntas. Hal ini yang dilakukannya saat memulai usahanya dulu setelah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Kemudian harus fokus dan serius dalam menjalani bidang usahanya, jeli melihat peluang, dan adaptable dalam menghadapi disrupsi dalam dunia usaha dan industri akibat perkembangan teknologi," jelas Bang Sandi.

Dalam kesempatan ini, Qosim dan Alif menuturkan beberapa program yang konsen untuk mengembangkan potensi usaha mikro mecil menengah (UMKM) dan anak muda di Gresik.

"Kami siapkan Kartu UMKM bangkit yang berfungsi mengembangkan level UMKM, meningkatkan pendapatan UMKM, dengan jalan mendampingi pelaku usaha mulai dari perizinan hingga akses pasar," tutur Alif.

Sementara Kartu Pemuda Bangkit disiapkan guna melatih dan mengembangkan skill pemuda di Kabupaten Gresik sesuai minat dan bakatnya. Bagi pemuda yang ingin merintis usaha, akan diberikan bantuan modal, pelatihan manajemen dan produksi, serta pemasaran. Sementara bagi anak milenial yang ingin berkarir di dunia industri, akan diberikan pelatihan sesuai sektor kebutuhan industri dan bidang yang diinginkan.

Dalam melayani perizinan usaha yang dirintis anak-anak muda milenial Gresik, Pemerintahan Qosim-Alif ke depan akan membuka pelayanan perizinan one day service terintergrasi di semua jenis perizinan.

"Izin-izin yang harus dilalui itu akan kita sinergikan sehingga lebih efisien. Para pelaku usaha khususnya anak milenial di Gresik tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengurus izin dalam berusaha," pungkas Qosim. (hud/ns)