Rumpon Bambu Sumbat Anak Sungai Kali Lamong, Desa Deliksumber Benjeng Terendam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Rumpon Bambu Sumbat Anak Sungai Kali Lamong, Desa Deliksumber Benjeng Terendam

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Senin, 30 November 2020 16:45 WIB

Petugas dengan alat ekskavator saat membersihkan rumpon bambu yang menyumbat Anak Sungai Kali Lamong. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tumpukan rumpon bambu yang menyumbat Anak Sungai Kali Lamong mengakibatkan jalan poros desa (JPD) di Desa Deliksumber, Kecamatan Benjeng terendam, Senin (30/11/2020). Namun, berkat kesigapan masyarakat dan pemerintah desa (pemdes) setempat, sumbatan itu bisa diatasi.

Camat Benjeng Suryo Wibowo mengungkapkan, akibat sumbatan rumpon bambu tersebut, sempat ada genangan air di Jalan Poros Desa Deliksumber. Masyarakat setempat pun kemudian bergotong royong membersihkan rumpon bambu secara manual. Tetapi, saking banyaknya rumpon bambu yang tersangkut, hingga akhirnya tak bisa diatasi secara manual.

Oleh karena itu, lanjutnya, muspika setempat lalu melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, dan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) setempat untuk mendatangkan alat berat.

"Sekitar jam sembilan pagi alat berat kami operasikan untuk mengangkat rumpon bambu yang menyumbat saluran air Anak Sungai Kali Lamong. Seketika itu juga, aliran air sudah normal kembali. Air yang sempat menggenangi JPD Deliksumber sudah surut," ujar Suryo Wibowo, didampingi Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Reza Pahlevi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video