​Intens Gelar Operasi Yustisi, Pemkab Blitar Klaim Disiplin Prokes Masyarakat Meningkat

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Tri Susanto
Minggu, 29 November 2020 12:51 WIB

Operasi yustisi intens dilakukan petugas gabungan Satpol PP, Polri, dan TNI di Kabupaten Blitar. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Operasi yustisi yang intens dilakukan oleh petugas gabungan Satpol PP, Polri, dan TNI di Kabupaten Blitar efektif mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes). Hal ini diungkapkan Kasatpol PP Kabupaten Blitar Rustin Tri Setyo Budi.

Dia mengatakan, saat awal digelarnya operasi yustisi setiap harinya tim gabungan menjaring ratusan pelanggar. Namun, jumlah pelanggar terus menurun setiap harinya. Kini, per hari tim gabungan paling banyak hanya menertibkan sekitar 30 pelanggar per titik saat menggelar operasi yustisi.

"Dulu awal-awal kita menggelar operasi yang terjaring ratusan. Namun karena operasi yustisi ini terus kita lakukan secara intens di seluruh kecamatan, jumlah pelanggar menurun. Paling banyak 30-an pelanggar di satu titik operasi," papar Rustin, Minggu (29/11/2020).

Rustin mengatakan, operasi yustisi tidak hanya dilakukan di jalan-jalan protokol saja. Tetapi juga di pusat-pusat keramaian lainnya, seperti pasar dan tempat wisata.

"Selain di jalan protokol, kita juga keliling di pasar-pasar, pusat perbelanjaan, dan lokasi wisata. Ini akan terus intens kita lakukan untuk menekan penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar," tegasnya.

Pihaknya berharap, kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan terus dilaksanakan, bukan hanya saat ada ada operasi yustisi. Utamanya dalam menerapkan kebiasaan memakai masker sebagai alat pelindung diri paling dasar.

"Kami harap ini terus ditingkatkan oleh masyarakat. Utamanya dalam mengenakan masker," pungkasnya. (tri/zar)