Setelah RT RW, Tahun 2021 Modin Sampai Pemandi Jenazah Di-cover JKK-JKM oleh Pemkot Mojokerto | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Setelah RT RW, Tahun 2021 Modin Sampai Pemandi Jenazah Di-cover JKK-JKM oleh Pemkot Mojokerto

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rochmad Saiful Aris
Selasa, 17 November 2020 13:42 WIB

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyerahkan santunan kepada korban kecelakaan kerja.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Upaya meningkatkan kesejahteraan bagi pegawai non aparatur sipil negara (ASN), terus dilakukan oleh Pemerintah . Hal ini, dibuktikan dengan adanya kebijakan pemerintah daerah yang memberikan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi seluruh pegawai non ASN.

Wali Ika Puspitasari menjelaskan, kebijakan yang diambil dalam mensejahterakan pegawai non ASN merupakan sinergitas antara pemerintah daerah dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Di bawah Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), diharapkan seluruh warga negara Indonesia dapat menerima perlindungan yang layak.

Seperti dari dampak yang merugikan atau penurunan pendapatan akibat sakit, kecelakaan kerja, usia lanjut, pensiun, maupun kematian. Untuk itu, Pemerintah memberikan perlindungan kepada seluruh pegawai non ASN. Di antaranya ketua RT/RW (859 penerima), pegawai non ASN (3.521 penerima), dan perusahaan/badan usaha (7.910 penerima).

Dari data BPJS Ketenagakerjaan, penerima JKK-JKM yang telah mendapatkan haknya terhitung sejak bulan Januari hingga 16 November 2020, sebanyak 7 orang. Di antara, 2 orang mengalami kecelakaan kerja meninggal dan 5 lainnya mengalami kecelakaan kerja. Untuk penerima JKK-JKM yang mengalami kecelakaan kerja meninggal, bantuan diberikan kepada keluarga almarhum.

"Melalui Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2019 tentang Pengaturan Jaminan Sosial Daerah dan Peraturan Wali Nomor 94 tentang Pelaksanaan Kepatuhan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kami bertekad mensejahterakan para pekerja formal, informal maupun non ASN dengan jaminan sosial," tegas Ning Ita, sapaan akrab wali kota, Selasa (16/11/2020).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video