Relawan Gertak Disebut Belum Tentu Tahu Kondisi di Bawah, Ini Jawaban Ketua Koordinator | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Relawan Gertak Disebut Belum Tentu Tahu Kondisi di Bawah, Ini Jawaban Ketua Koordinator

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Jumat, 13 November 2020 18:25 WIB

Relawan Gertak (baju pink) saat mendatangi rumah pemohon Program Gertak. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Calon Wakil Bupati Trenggalek Paslon 01, Zaenal Fanani dalam debat pilkada putaran kedua yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi beberapa waktu yang lalu menyebut Relawan Gertak (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan) belum tentu mengetahui dengan kondisi di bawah.

"Jadi seperti relawan tadi kan saya lihat, apa ya... belum tentu tahu kondisi yang ada di bawah," kata Zaenal dalam debat.

Pernyataan Zaenal ini lantas mendapat reaksi dari Ketua Koordinator Gertak Kabupaten Trenggalek, Bambang Puji Susilo. Dalam keterangannya, Bambang justru menuding Zaenal yang tidak paham dengan kinerja Gertak.

"Kalau dibilang tidak ada koordinasi dengan desa, itu kelihatan sekali kalau Zaenal tidak memahami apa itu Gertak," kata Bambang ketika dihubungi melalui jaringan telepon, Jumat (13/11/2020).

Ia lantas menerangkan metode kinerja Relawan Gertak. Semisal di satu desa terdapat orang yang hendak melahirkan dan minta bantuan Gertak, maka cara yang harus ditempuh adalah pemohon bisa diwakili oleh suami atau orang lain untuk meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT.

Setelah dari RT, pemohon diwajibkan mendatangi kantor balai desa atau kelurahan untuk mendapatkan SKTM. Selanjutnya pemohon diminta lagi untuk membawa SKTM tersebut ke kantor kecamatan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video