Jatim ​Dapat Anugerah Provinsi Terbaik Peduli Perlindungan Konsumen, Gubernur Khofifah: Ini Pelecut | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jatim ​Dapat Anugerah Provinsi Terbaik Peduli Perlindungan Konsumen, Gubernur Khofifah: Ini Pelecut

Editor: MMA
Kamis, 12 November 2020 18:57 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menerima penghargaan dari Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam acara puncak Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 di Transmart Cibubur, Kamis (12/11). foto: ist/ bangsaonline.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Lagi, Provinsi Jawa Timur mendapat penghargaaan. Kali ini anugerah sebagai Pemerintah Daerah Peduli Perlindungan Konsumen Tahun 2020 oleh Kementerian Perdagangan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Perdagangan Agus Suparmanto kepada Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa dalam acara puncak Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 di Transmart Cibubur, Kamis (12/11). Selain Jawa Timur, provinsi lain yang mendapat pengjargaan adalah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Bangka Belitung.

"Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi pelecut bagi Jatim untuk terus memberikan perlindungan kepada konsumen lebih baik lagi. Apalagi di era digital seperti sekarang ini di mana angka transaksi digital terus meningkat," ungkap .

memaparkan salah satu di antara aspek yang menguatkan Jawa Timur sebagai Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen tersebut adalah pembentukan Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Konsumen (UPT PK) yang telah diatur berdasarkan Pergub Nomor 60 tahun 2018.

melalui Dinas Perindag secara aktif telah membentuk UPT PK yang tersebar di 5 Kabupaten/Kota di Jawa Timur meliputi Surabaya, Malang, Kediri, Bojonegoro, dan Jember. Pembentukan UPT PK juga diikuti dengan pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (). Adapun kelima UPT PK tersebut melaksanakan tugas pengawasan barang beredar, jasa, dan tertib niaga, pemberdayaan konsumen dan pelaku usaha, ketatusahaan serta pelayanan masyarakat.

menyebut, pembentukan di Jawa Timur merupakan upaya untuk menyelesaikan sengketa yang mungkin terjadi antara konsumen dan pelaku usaha. Beberapa cara yang dilakukan antara lain mediasi, konsiliasi, dan arbitrase.

Harapannya, dengan keberadaan UPT PK ini dapat meningkatkan pemahaman konsumen pada level mampu dengan poin Indeks Keberadayaan Konsumen (IKK) 41,7 sehingga target Kementerian Perdagangan RI pada tahun 2020 yaitu poin sebesar 42,0 dapat tercapai.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video