​Kisah Pelaku Sejarah 10 November 1945, Inilah Pesannya untuk Generasi Muda | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kisah Pelaku Sejarah 10 November 1945, Inilah Pesannya untuk Generasi Muda

Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 11 November 2020 10:09 WIB

Sumilan, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Kediri (kiri) dan Tari, pelaku sejarah 10 November 1945. foto: Kominfo

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setiap 10 November, kita selalu memperingati . Yaitu hari bersejarah pertempuran tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dengan tentara Sekutu di Surabaya. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Peristiwa 10 November itu kemudian ditetapkan sebagai .

Cerita tersebut disampaikan Sumilan, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia () Kabupaten Kediri, saat ditemui wartawan di Markas Jalan Puncak Jaya Pare, Selasa (10/11).

Dalam memperingati 2020 ini, Sumilan berpesan kepada generasi penerus bangsa untuk merawat kemerdekaan yang telah dengan susah-payah diraih. Ia juga minta generasi muda mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa dan mewujudkan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera serta menjaga Pancasila dari upaya-upaya yang ingin menggantikan Pancasila sebagai dasar negara.

"Dengan semangat juang, diharapkan akan mampu menjadi semangat untuk melanjutkan perjuangan pada masa sekarang ini," ungkap Sumilan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video