Meraup Untung dari Bisnis Game di Masa Pandemi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Meraup Untung dari Bisnis Game di Masa Pandemi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Selasa, 03 November 2020 19:00 WIB

Okky Tri Hutomo, Ketua Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 telah mengubah wajah dunia, termasuk peluang bisnis yang terbuka. Segala bisnis yang berbau digital kini memasuki masa keemasan. Game online atau game berbasis digital, misalnya.

Bisnis ini diyakini akan terus meroket akibat pandemik Covid-19 yang melanda dunia. Wajar jika laba perusahaan penghasil atau vendor game mengalami kenaikan berlipat ganda.

Ketua Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Jatim, Okky Tri Hutomo mengatakan, perubahan aktivitas masyarakat di masa pandemi telah memicu tingginya pengguna game berbasis digital.

“Di masa pandemi, orang banyak melakukan aktivitas di dalam rumah, khususnya yang menjalankan Work From Home (WFH), School From Home (SFH), ataupun activity from home. Dan ini menunjukkan, aktivitas berbasis digital menjadi sasaran utama di saat menjalani masa pandemi ini,” ujar Okky dalam acara Online Seminar Solution (OSS) Kadin Jatim yang digelar bersama Aptiknas, Arebi, Kadin Institute, di Surabaya, Senin (2/11/2020).

Wajar jika kemudian peningkatan orang bermain game menggunakan peralatan digital sangat tinggi. Ia menegaskan, petumbuhan pengguna aplikasi game baik berbasis teknologi android maupun lainnya menunjukkan kenaikan sebesar 196 persen, dibanding masa sebelum pandemi.

Dampaknya, beberapa pabrikan atau vendor game mencatatkan laba luar biasa selama pandemi. Play Station dari Sony misalnya, telah berhasil mengeruk lama bersih di semester I/2020 sebesar Rp 96,6 triliun atau naik 103,8 persen dibanding tahun sebelumya.

“Dan laba bersih semester berikutnya diperkiraan naik menjadi Rp 111,5 trilun. Ini merupakan prestasi luar biasa. Memang di masa pandemi Covid-19, game menjadi salah satu pilihan paling efektif untuk mendapatkan hiburan,” tambahnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Direktur Marketing Vcloudpoint Indonesia, Sujarwo Wowok. Bahwa saat ini Indonesia menjadi pasar game yang sangat besar. Dengan populasi terbesar keempat dunia dan lebih dari 60 persen didominasi oleh kelompok usia produktif, bisnis game mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   esport Game Online

Berita Terkait

Bangsaonline Video