Warga Pagung Kediri Berinovasi Buat Menu Tiwul Organik Dalam Kemasan, Cegah Diabetes dan Kolesterol | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Pagung Kediri Berinovasi Buat Menu Tiwul Organik Dalam Kemasan, Cegah Diabetes & Kolesterol

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 02 November 2020 17:32 WIB

Poniem, Anggota Kelompok Tani Wanita Srikandi, saat menunjukan produk tiwul dalam kemasan produksinya. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tiwul adalah makanan berbahan dasar ketela pohon atau singkong yang sudah dibusukkan (gaplek). Tiwul mempunyai rasa unik dan kerap dijadikan pengganti nasi. Namun bagi masyarakat di lereng Gunung Wilis Kediri, makanan itu menjadi menu favorit yang dipertahankan sejak zaman nenek moyang.

Poniem adalah salah satu warga Dusun Sekar Putih, Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri yang melestarikannya. Bahkan, perempuan desa yang aktif dalam organisasi pertanian organik ini berhasil menciptakan tiwul organik dalam kemasan.

"Bagi masyarakat di sini, tiwul menjadi menu istimewa. Kami lebih sering memasak tiwul daripada nasi putih (beras). Terlebih, apabila ada saudara yang datang, kami pasti memasaknya, karena memang dicari," ungkap anggota Kelompok Tani Wanita Srikandi ini, Senin (2/11).

Memang, di Dusun Sekar Putih dan dusun-dusun lain yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan telah mempertahankan menu tiwul sejak nenek moyang. Poniem dan sesama petani wanita berusaha memasarkan menu khas tersebut agar bisa diterima oleh khalayak umum. Itu sebabnya, mereka melahirkan kemasan tiwul organik 1 kilogram (kg) yang dibandrol Rp 10 ribu.

Dijelaskan Poniem, selain bebas bahan kimia, tiwul buatan masyarakat Dusun Sekar Putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tiwul cocok untuk mencegah kolesterol dan penyakit diabetes, karena rendah kandungan kadar gulanya.

"Bahan tiwul dari ketela ditanam di hutan tanpa pupuk kimia. Berbeda dengan padi yang banyak memakai pupuk kimia. Sangat cocok untuk mencegah diabetes dan kolesterol," imbuhnya.

Poniem mengaku proses pembuatan tiwul hingga kemudian dikemas, cukup panjang. Mulai dari pengupasan ketela. Kemudian dibersihkan menggunakan air. Selanjutnya, ketela dijemur di bawah terik matahari untuk mendapatkan gaplek. Berikutnya, digiling sehingga menjadi tepung tapioka. Setelah menjadi tepung, kemudian ditanak menjadi butiran tiwul, lalu dikemas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video